Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bersepeda Bantul-Jogja Setiap Hari, Sol Sepatu Mbah Bandio Sepi Pelanggan

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Mutiara Rizka Maulina Sabtu, 19 September 2020 | 18:30 WIB

Bersepeda Bantul-Jogja Setiap Hari, Sol Sepatu Mbah Bandio Sepi Pelanggan
Cuitan tentang Mbah Bandio tukang sol sepatu di Jogja. - (Twitter/@astronautboys_)

Memanfaatkan bagian belakang sepeda dan tulisan seadanya, ia membuat papan pemberitahuan menyediakan jasa sol sepatu.

SuaraJogja.id - Akun Twitter @astronautboys_ membagikan potret seorang kakek yang menyediakan jasa memperbaiki sandal dan sepatu, yang lebih dikenal dengan sebutan "sol sepatu". Setiap hari kakek tersebut mengayuh sepedanya dari daerah Pasar Gabusan hingga kawasan Kota Jogja.

Dalam utasnya, Minggu (13/9/2020), akun @astronautboys_ mengatakan bahwa dirinya tidak sengaja bertemu dengan penyedia jasa sol sepatu. Mbah Bandio, begitu kakek itu akrab dipanggil, biasa berkeliling Jogja untuk menawarkan jasanya.

Mbah Bandio memiliki kemampuan untuk memperbaiki sandal dan sepatu. Kepada pemilik akun @astonautboys_, pria lansia itu menceritakan bahwa selama pandemi usahanya tersebut sepi peminat. Tidak banyak lagi yang menggunakan jasanya.

"Dan jaman sekarang udah beda, kalau rusak pada milih beli baru daripada diperbaiki," tulis akun @astronautboys_ dalam keterangannya.

Dalam foto yang dibagikan, terlihat Mbah Bandio duduk di tepi jalan. Ia menjajarkan dua pasang sepatu dan peralatan sol sepatunya di trotoar. Memanfaatkan bagian belakang sepeda dan tulisan seadanya, ia membuat papan pemberitahuan menyediakan jasa sol sepatu.

Papan pemberitahuan sederhana itu bertuliskan "Mbah Sol Sepatu". Duduk di tepi jalan menunggu pelanggan, Mbah Bandio menggunakan caping untuk melindungi diri dari panas matahari. Mbah Bandio mengayuh sepeda sebagai moda transportasi dengan tetap menggunakan masker.

Selanjutnya dalam utas tersebut juga disampaikan bahwa Mbah Bandio biasa berangkat naik sepeda dari rumahnya di kawasan Pasar Gabusan, Jalan Parangtritis, Bantul. Ia mengayuh sepedanya hingga kawasan kota.

Mbah Bandio biasa menawarkan jasanya melewati Alun-Alun Utara hingga daerah kauman. Kemudian saat sore jika belum berniat pulang, sekitar pukul 16:00 WIB, ia biasa beristirahat di sekitar Jalan DI Panjaitan, Mantrijeron.

"Tolong dibantu ya teman siapa tau ada sepatu atau sandal kalian yang rusak bisa diperbaiki ke tempat Mbah Bandio, itung-itung ngebantu usaha beliau tau sendiri covid-19 berdampak banget bagi masyarakat seperti Mbah Bandio," tulis akun @astronautboys_.

Melalui utasnya, ia mencoba mengajak masyarakat Jogja untuk membantu Mbah Bandio dalam menjalankan usahanya. Terutama di tengah pandemi seperti saat ini, usaha kecil seperti milik pria paruh baya itu menerima dampak yang cukup besar.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait