Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Perbandingan Jokowi, Gus Dur, SBY dan Soeharto di Mata Rocky Gerung

Rendy Adrikni Sadikin | Farah Nabilla Kamis, 22 Oktober 2020 | 11:34 WIB

Perbandingan Jokowi, Gus Dur, SBY dan Soeharto di Mata Rocky Gerung
Rocky Gerung. (YouTube/ Akbar Faizal Uncensored)

Rocky membandingkan keahlian yang dimiliki Gus Dur dengan keahlian yang dimiliki Soeharto, SBY dan Jokowi.

SuaraJogja.id - Pengamat politik Rocky Gerung membandingkan keahlian beberapa presiden RI. Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, misalnya, dinilai memiliki 2 keahlian yang tidak dipunyai presiden lain di Indonesia.

Rocky Gerung mengungkapkan keahlian Gus Dur tersebut kala hadir di podcast kanal YouTube Akbar Faizal Uncensored, Senin (19/20/2020).

Kepada Akbar Faizal, Rocky yang dulu sering menulis risalah untuk Gus Dur itu mengungkapkan dua keahlian yang dimiliki presiden ke-6 Indonesia itu.

"Gus Dur mampu untuk menghumorkan politik dan mempolitisir humor itu. Itu dua keahlian yang ada pada Gus Dur," ungkap Rocky.

Rocky menjelaskan Gus Dur mampu 'menghidupkan' efek dari humor yang dilontarkan dengan cara mengaitkannya dengan situasi politik.

"Dan supaya humor itu punya efek, dia politisir humor itu," sambung Rocky.

Dua hal itu dinilai Rocky tidak dimiliki oleh presiden lain yang pernah menjabat di Indonesia. Ia lantas membandingkannya dengan mantan Presiden Soeharto, SBY dan Presiden saat ini, Joko Widodo.

Menurutnya Rocky, SBY tak memiliki sisi humoris itu, tapi cukup demokratis.

"Tetapi Pak SBY dicatat sebagai orang yang mampu mengucapkan demokrasi di dalam praktik. Enggak ada orang yang ditangkap SBY, itu yang saya pujikan," kata pria kelahiran Manado itu.

Sementara itu, mantan Presiden Soeharto juga tak memiliki sisi humoris namun dinilai konsisten ketertibannya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait