alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Resmi Dibuka, Festival Musik Tembi Tunjukkan Proses Kreatif Saat Pandemi

Galih Priatmojo | Mutiara Rizka Maulina Senin, 26 Oktober 2020 | 21:15 WIB

Resmi Dibuka, Festival Musik Tembi Tunjukkan Proses Kreatif Saat Pandemi
Penampilan Grup Band Jatiraga dalam pembukaan Festival Musik Tembi. - (Yotube/Festival Musik Tembi)

Kegiatan ini bisa menjembatani generasi saat ini yang mencintai musik tradisi sesuai dengan zamannya.

SuaraJogja.id - Festival Musik Tembi kembali digelar untuk kesembilan kalinya. Rutin diadakan setiap tahun, kali ini Festival Music Tembi ajak masyarakat untuk tetap berkarya di tengah pandemi. Konser musik ini sendiri juga berlangsung secara virtual.

Berlangsung selama lima hari beruturut-turut penggemar Festival Music tembi dapat melihat rangkaian acara konser secara virtual. Seluruh kegiatan acara akan berlangsung secara daring melalui kanal YouTube Festival Musik Tembi.

Dalam pembukaannya Senin (26/10/2020), kegiatan tahunan ini dibuka oleh empat lagu dari Jono Terbakar. Bawakan lagu secara langsung dengan gitarnya, Jono Terbakar mampu memukau penonton dengan lirik dan lagu-lagunya yang sedikit berbeda dengan musisi pada umumnya.

Selanjutnya, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul, Nugroho Eko Setyanto turut memberikan sambutannya dalam acara pembukaan. Ia mengaku senang dengan pelaksanaan acara musik untuk yang ke sembilan kalinya ini. Pihaknya merasa bangga dan berbahagia serta turut memberikan apresiasi.

"Kegiatan ini akan menjadi jembatan antara masa lalu dan masa kini," ujarnya.

Ia menyebutkan bahwa kegiatan ini akan menjadi jembatan anatar generasi untuk saling mengetahui mengenai musik, tradisi dan kebudayaan dari masing-masing era. Kegiatan ini bisa menjembatani generasi saat ini yang mencintai musik tradisi sesuai dengan zamannya.

Nugroho berharap, kegiatan ini bisa terus berlangsung kedepannya. Sehingga kebudayaan di Bantul khususnya dapat terus lestari dan membawa warna yang menarik serta membawa manfaat untuk masyarakat luas.

Menurutnya, saat ini hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana menumbuhkan kecintaan kepada generasi-generasi sekarang dan yang akan datang terhadap musik tradisi. Terakhir, ia berharap acara ini juga dapat berjalan dengan sukses dan penuh manfaat.

Selanjutnya, selaku Penasehat Forum Musik Tembi dan perwakilan dari Tembi Rumah Budaya, Nurbetu Nurwanto mengatakan bahwa selama sembilan tahun ini pihaknya selalu bergelut dalam ranah musik. Adanya situasi pandemi ini juga menjadi tantangan bagi mereka untuk bisa terus berkarya.

"Namun begitu, kami bersyukur bahwa festival musik tembi ini dapat berlangsung mulai hari ini hingga 31 Oktober mendatang," ujarnya melalui video conferrence.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait