Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Hina Nabi Muhammad, Lagu Pendukung Sepak Bola Israel Tuai Kontroversi

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Arief Apriadi Kamis, 29 Oktober 2020 | 16:47 WIB

Hina Nabi Muhammad, Lagu Pendukung Sepak Bola Israel Tuai Kontroversi
Ilustrasi YouTube. [Shutterstock]

Lagu berbahasa Ibrani tersebut menghina sang nabi, mempertanyakan statusnya, dan asal muasal ibunya.

SuaraJogja.id - Video yang menampilkan lagu pendukung sepak bola di Israel menimbulkan kontroversi. Dalam video yang sempat terunggah di YouTube itu, Nabi Muhammad menjadi bahan hinaan.

Sontak banyak orang menyuarakan protes. Salah satunya politikus Arab - Israel terkemuka Ayman Odeh. Dilansir Times of Israel, ia menyampaikan protes agar YouTube menghapus unggahan tersebut pada Rabu (29/10/2020).

Berselang satu hari, YouTube dikabarkan langsung menghapus klip video tersebut.

Lagu kontroversial itu dinyanyikan para penggemar garis keras dari klub sepak bola Israel Beitar Jerusalem, yang dikenal dengan nama “La Familia”.

Lagu berbahasa Ibrani tersebut menghina sang nabi, mempertanyakan statusnya, dan asal muasal ibunya.

"Setiap pelanggaran terhadap simbol agama sama sekali tidak dapat diterima," kata Odeh.

"'La Familia' adalah kelompok rasis ... dan dalam negara yang benar-benar demokratis, kelompok teroris ini sudah lama dilarang," tambahnya.

Odeh mengatakan, dia telah menulis ke YouTube untuk menuntut penarikan lagu, yang telah online sejak Juli 2016, tetapi baru-baru ini menjadi "populer".

Beitar Jerusalem secara historis dianggap anti-Muslim dan anti-Arab. Namun dalam beberapa tahun terakhr, mereka mengubah citranya dan pada 2017 mendapat penghargaan melawan rasisme.

Seruan Odeh muncul di tengah lonjakan kemarahan yang lebih luas di antara komunitas Muslim di seluruh dunia sebagai reaksi atas pembelaan kartun Nabi Muhammad oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait