facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Enam Warga Parangtritis Positif Covid-19, 5 Pasien Tinggal Seatap

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Muhammad Ilham Baktora Minggu, 15 November 2020 | 11:35 WIB

Enam Warga Parangtritis Positif Covid-19, 5 Pasien Tinggal Seatap
Ilustrasi Covid-19. (Pexels)

Lokasi pasien positif cukup dekat dengan objek wisata pantai Parangtritis.

SuaraJogja.id - Sebanyak enam warga di Pedukuhan Mancingan, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul terkonfirmasi positif Covid-19. Enam warga dari tiga keluarga tersebut dirawat di tiga rumah sakit berbeda.

Dukuh Mancingan Andri Sarwoko menceritakan, paparan virus kali pertama diketahui terjadi pada pekan lalu. Seorang warganya yang memang sudah sakit memeriksakan kesehatan di RS Elizabeth Ganjuran.

Sesuai dengan prosedur penanganan medis, dilakukan tes swab, dan hasilnya dinyatakan positif Covid-19.

"Setelah itu dilakukan tracing. Ada 10 orang yang di-tracing," ujar Andri, dihubungi wartawan, Sabtu (14/11/2020).

Baca Juga: Dua Nakes Positif Covid-19, RSUD Raja Ahmad Tabib Lockdown

Ia melanjutkan, ada empat orang yang dinyatakan positif dari 10 orang tersebut. Mereka terdiri dari dua orang anggota keluarga dekat, dan dua orang lainnya dari keluarga pendatang yang mengontrak serumah bersama pasien pertama, sehingga dalam satu rumah tersebut, total ada lima orang yang dinyatakan positif.

Sementara itu, di lokasi RT lainnya, kata Andri, terdapat satu warga Mancingan yang juga telah dinyatakan positif, terpisah dari klaster sebelumnya.

"Jadi total sekarang di Mancingan, Parangtritis, ada enam pasien yang positif," jelas dia.

Keenam pasien tersebut dirawat di tiga rumah sakit berbeda. Pasien pertama menjalani perawatan di RS Elizabeth Ganjuran, dan empat pasien lainnya di RS Lapangan Khusus Covid-19 (RSLKC) Bambanglipuro, sedangkan satu pasien lagi dirawat di RSUD Panembahan Senopati.

Andri menambahkan, Tim Gugus Tugas Covid-19 Desa Parangtritis dan tim gugus tugas dusun Mancingan, bersama Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB), sudah bergerak cepat saat mendengar informasi ada enam warga di dusun Mancingan yang dinyatakan positif. Mereka telah melakukan penyemprotan disinfektan di rumah pasien positif dan tetangganya.

Baca Juga: Kasus Positif Covid-19 Harian Kaltim Bertengger di Lima Besar Nasional

"Keluarga [pasien positif] saat itu juga sudah kita suplai makanan," ujar dia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait