alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Vaksin Covid-19 Tiba di DIY, Pemkab Bantul Salurkan ke 34 Fasyankes

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Muhammad Ilham Baktora Selasa, 05 Januari 2021 | 19:50 WIB

Vaksin Covid-19 Tiba di DIY, Pemkab Bantul Salurkan ke 34 Fasyankes
Ilustrasi Vaksin Covid-19 (getty image)

Sebanyak 34 fasyankes yang terdiri dari puskesmas, rumah sakit, dan klinik itu sudah siap menjadi tempat vaksinasi.

SuaraJogja.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul akan menyalurkan vaksin Covid-19 ke 34 fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) yang ada di Bumi Projotamansari. Penyaluran itu bakal segera dilakukan setelah vaksin Covid-19 tiba di DIY, Selasa (5/1/2021) pagi.

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi, Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul Abednego Dani Nugroho menerangkan bahwa 34 fasyankes yang terdiri dari puskesmas, rumah sakit, dan klinik itu sudah siap menjadi tempat vaksinasi.

“Mereka sudah siap. SK nanti disusulkan, tapi mereka sudah siap dan bersedia sebagai tempat vaksinasi," terang Abednego, dihubungi wartawan, Selasa.

Abednego melanjutkan bahwa terdapat 27 puskesmas di Bantul yang akan menjadi tempat vaksinasi. Selain itu, terdapat 2 rumah sakit pemerintah dan dan 4 rumah sakit swasta.

Baca Juga: Halal atau Tidak, MUI Bawa Hasil Audit Vaksin Sinovac ke Sidang Fatwa

Dua rumah sakit pemerintah tersebut antara lain RSUD Panembahan Senopati Bantul dan Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara (RSPAU) Hardjolukito.

"Empat rumah sakit swasta antara lain RS PKU Muhammadiyah, Santa Elisabeth, RS UII, dan RS Nurhidayah," jelas dia.

Di Bantul ditunjuk satu klinik yang siap untuk melayani vaksin. Klinik tersebut adalah Klinik Pratama Polres Bantul.

Vaksinasi tahap pertama ini akan menyasar tenaga kesehatan (nakes) yang ada di Bantul. Menurut Abed, ada 6.323 nakes di Bantul yang akan mendapatkan prioritas vaksin.

Selain itu, berdasarkan hasil video kenferensi dengan Kemendagri, diputuskan bahwa vaksinasi untuk pejabat di daerah mulai dilaksanakan 14-15 Januari mendatang.

Baca Juga: Penyuntikan Pertama Vaksin Covid-19, Ini Kelompok yang Diprioritaskan

“Jika mengacu pada video konferensi tadi, kemungkinan akan menerima. Kami sendiri juga sudah siap dengan vaksinasi,” ucap Abed.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait