alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Beda Ayam Geprek di Jogja dan Jakarta, yang Satu Cuma Digeprek Dua Kali

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Mutiara Rizka Maulina Senin, 18 Januari 2021 | 18:42 WIB

Beda Ayam Geprek di Jogja dan Jakarta, yang Satu Cuma Digeprek Dua Kali
Video perbedaan ayam geprek di Jogja dan di Jakarta. - (Instagram/@javafoodie)

Perbedaan ayam geprek di Jogja dan Jakarta terletak pada cabai yang digunakan dan cara menumbuk ayamnya

SuaraJogja.id - Ayam geprek dewasa ini menjadi salah satu pilihan kuliner yang banyak berkembang di Indonesia. Termasuk ke dalam makanan cepat saji, banyak kedai ayam geprek dengan berbagai varian menjamur di berbagai wilayah, seperti Jakarta.

Makanan yang banyak ditemukan di Jogja ini sangat digemari karena cita rasanya yang nikmat dan harganya yang ramah di kantong.

Namun, ada perbedaan antara ayam geprek di Jogja dan di Jakarta. Perbedaan itu terlihat pada akun Instagram @javafoodie, yang mengunggah sebuah video TikTok miliknya.

Menu ini identik dengan sajian ayam goreng tepung yang yang ditumbuk bersama dengan cabai. Konsumen bisa menentukan sendiri jumlah cabe yang ingin dicampurkan dalam lauknya.

Baca Juga: Jualan Mi Ayam Murah di Jogja, Bule Ini Lebih Suka Dipanggil "Mbak"

Perbedaan ayam geprek di Jogja dan Jakarta terletak pada cabai yang digunakan dan cara menumbuk ayamnya. Dalam video berdurasi singkat yang dibagikan, terlihat seorang pria berdiri di depan jendela rumah.

Di depannya, ada sebuah meja, cobek, dan sebuah ayam goreng siap saji. Sambil menguap, pria ini mempraktikkan bagaimana ayam geprek di Jakarta dibuat.

Ayam hanya digeprek atau ditumbuk dua kali, kemudian dioles dengan cabai yang justru cenderung lebih mirip dengan saos.

Berbeda dari ayam geprek yang ada di Jogja, cabai, bawang, dan garam ditumbuk terlebih dahulu hingga setengah halus, baru ayam dimasukkan dan ikut ditumbuk hingga nyaris tulang nyaris hancur dan daging terpisah-pisah. Teknik itu membuat ayam dan bumbu tercampur dengan baik.

"Ayam Geprek Jogja emang nganggenin sih," tulis akun @javafoodie dalam keterangannya.

Baca Juga: Alih Profesi PSK saat Covid-19: Jualan Ayam Geprek hingga Es Krim

Sejak diunggah pada Senin (18/1/2021), video tersebut sudah ditayangkan lebih dari 35 ribu kali. Ada ratusan komentar yang ikut diberikan warganet.

Beberapa ikut menyebutkan beragam kedai ayam geprek di Jogja yang enak. Olahan bumbu dan cara menumbuk ayamnya menjadi daya tarik sebagian besar warganet.

Video perbedaan ayam geprek di Jogja dan di Jakarta. - (Instagram/@javafoodie)
Video perbedaan ayam geprek di Jogja dan di Jakarta. - (Instagram/@javafoodie)

Lihat perbedaan ayam geprek di Jogja dan Jakarta DI SINI.

"Bu rum, mas kobis, aku padamu," tulis akun @art****.

"Ayam geprek Jogja, ada add on Kuah Tongseng dan kulit goreng tepung nya. Oseng kacang panjang buat sayurnya. Gak ada lawan," komentar akun @insto***.

"Kadang gak digeprek. Kalau gofood ayam utuh sambel diplastikin," tanggapan akun @amalya*****.

Sementara akun @irwan_agung_******* mengatakan, "Bener hahaha. Hidup di bekasi ayam geprek ayam cuma 2 kali getok terus di kasih sambel. Gak paham sebenernya bedanya apa sama ayam goreng biasa terus sambelnya diplastikin."

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait