alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Berjualan Wedang Ronde di Usia Senja, Nenek Ini Sukses Buat Salut

Rima Sekarani Imamun Nissa | Hiromi Kyuna Kamis, 21 Januari 2021 | 10:45 WIB

Berjualan Wedang Ronde di Usia Senja, Nenek Ini Sukses Buat Salut
Mbah Kalam penjual wedang ronde di alun-alun utara Yogyakarta (TikTok @anggaherjuna)

Seorang nenek berusia 70 tahun berjualan wedang ronde di alun-alun utara Yogyakarta. Meski sudah tua, ia tetap giat mencari rupiah.

SuaraJogja.id - Seorang nenek berusia 70 tahun masih semangat berjualan untuk mencari rezeki. Sehari-hari ia berjualan wedang ronde di Alun-alun Utara Yogyakarta.

Nenek tersebut akrab disapa Mbah Kalam. Kisah tentang Mbah Kalam pun dibagikan melalui akun TikTok @anggaherjuna.

Sehari-hari Mbah Kalam berjualan tepat di samping Pendopo Lawas. Ia hanya menggunakan gerobak sederhana yang diparkir di pinggir jalan.

Gerobak berwarna hijau dan kuning itu dilengkapi terpal plastik. Terpal plastik inilah yang akan melindungi Mbah Kalam saat hujan datang.

Baca Juga: Ayah Tua Renta Digugat Rp3 M oleh Anaknya, Dedi Mulyadi: Setop Perkara!

Tak hanya menjual wedang ronde, Mbah Kalam juga berjualan mi instan serta jagung bakar. Jagung dan mi instan tertata rapi di atas meja gerobak.

Mbah Kalam penjual wedang ronde di alun-alun utara Yogyakarta (TikTok @anggaherjuna)
Mbah Kalam penjual wedang ronde di alun-alun utara Yogyakarta (TikTok @anggaherjuna)

Mi instan yang disajikan Mbah Kalam terasa cukup spesial karena dimasak dengan tungku arang. Tak hanya itu, Mbah Kalam juga menggunakan racikan bumbu spesial yang membuat mi terasa berbeda.

Wedang ronde buatan Mbah Kalam pun tak kalah nikmat. Suasana Yogyakarta akan semakin terasa kala menyesap wedang ronde dan jagung bakar buatan Mbah Kalam.

Meski sudah berusia senja, Mbah Kalam tetap giat berjualan untuk mengisi pundi rupiah. Gelapnya malam dan rintik hujan tak mampu mematahkan semangat Mbah Kalam.

Angga selaku pengunggah video pun mengajak warganet untuk membeli dagagan Mbah Kalam. Video ini lantas menarik banyak perhatian warganet.

Baca Juga: Viral Gadis Ngaku Suka Jajan di Penjual yang Tua, Alasannya Bikin Geram

"Sumpah salut banget udah tua tapi masih tetap semangat kerja. Gue yang masih muda jadi malu sumpah," komentar seorang warganet.

Warganet lainnya turut emberikan respon atas video ini. "Terima kasih mas sudah bantu si Mbah. Semoga keduanya dimudahkan segala urusannya oleh Tuhan," ujar warganet ini.

"Udah gue duga dari awal pasti di Jogja. Di Jogja orang tuanya emang tangguh-tangguh kok guys. Entah kenapa beda dari tempat lain, banyak banget pedagang yang usianya lebih dari 60 tahun," tulis warganet lainnya.

Hingga Kamis (21/1/2021), video tentang Mbah Kalam yang berjualan wedang ronde ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 900 ribu kali di TikTok.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait