facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kesaksian Netizen Betapa Legendnya Kue Coro Bikang Buatan Mbah Kalem

Galih Priatmojo | Mutiara Rizka Maulina Selasa, 19 Januari 2021 | 12:21 WIB

Kesaksian Netizen Betapa Legendnya Kue Coro Bikang Buatan Mbah Kalem
Mbah Kalem menyiapkan kue coro bikang dagangannya. - (Instagram/@jogja24jam)

Mbah Kalem diketahui sudah 40 tahun jualan kue Coro Bikang yang dimasak dengan cara tradisional

SuaraJogja.id - Akun Instagram @jogja24jam membagikan ulang video milik akun @anggahrjn. Dalam tayangan tersebut dibagikan informasi mengenai kuliner legendaris kue Coro Bikang buatan mbah Kalem.

Mbah Kalem diketahui berjualan kue tradisional selama empat puluh tahun. Di tengah gerusan arus modernisasi, nenek ini masih menjajakan dagangannya dengan gaya tradisional menggunakan tungku dan daun pisang.

Dalam videonya, pemuda bernama Angga ini memperkenalkan seorang wanita dengan rambut yang sudah sepenuhnya memutih bernama Kalem. Wanita bertubuh kurus ini sudah berusia 74 tahun. Sehari-hari, wanita yang akrab disapa Mbah Kalem ini berjualan kue tradisional, yakni kue coro atau yang biasa disebut juga dengan Coro Bikan dan Coro Bikang.

Lebih dari 40 tahun, Mbah Kalem menjajakan kuenya di Jalan Sosrowijayan Wetan, dekat dengan Lucifer Cafe. Setiap hari, Mbah Kalem mulai menawarkan dagangannya sejak pukul 6 pagi sampai 10 pagi. Dalam videonya angga meminta masyarakat lokal maupun wisatawan yang tengah berkunjung ke Jogja untuk ikut memborong dagangan wanita ini.

Baca Juga: Jelaskan Bedanya Ayam Geprek Versi Jakarta dan Jogja, Pria Ini Emosi Berat

"Pernah jajan disini? Tag teman kalian ya," tulis akun @jogja24jam dalam keterangannya.

Pada video yang diunggah terlihat Mbah Kalem dengan telaten menyajikan kue yang ia buat di tempat tersebut. Di depan tempatnya duduk ada sebuah tungku untuk memanggang kue berwarna merah muda tersebut. Setelah matang, kue-kue itu dikumpulkan di atas daun pisang. Selain daun pisang, kue ini juga dibungkus dengan koran dan terakhir menggunakan plastik.

Sejak diunggah Selasa (19/1/2021), video Mbah Kalem menyajikan jajanan kue tradisionalnya tersebut sudah dilihat lebih dari 37 ribu. Ada banyak warganet yang ikut memberikan tanggapan di kolom komentar. Banyak yang berbagi cerita mengenai kue tradisional yang kerap dikonsumsi semasa kecil dulu.

Mbah Kalem menyiapkan kue coro bikang dagangannya. - (Instagram/@jogja24jam)
Mbah Kalem menyiapkan kue coro bikang dagangannya. - (Instagram/@jogja24jam)

Lihat video Mbah Kalem DISINI

"Dulu jualnya tiap sore di pasar 'Ngebuk' di kemetiran, karena beliau sudah gak kuat dan gak ada yang bisa nganterin, akhirnya beliau jualan di deket rumahnya," tulis akun @kulo_wong_*****.

Baca Juga: Sepekan PTKM Diterapkan, Hanya 16.000-an Wisatawan Berkunjung ke Bantul

"Rutinitas dari kecil dari waktu belum sekolah, hampir setiap sore beli disini," komentar akun @trijoko_********.

"Langgananku sejak jaman sd sampe sekarang," tanggapan akun @tika.delima.

Sementara akun @andini***** mengatakan, "Dulu sering jajan itu, jajanan langganan masa kecil. Kalau dari videonya itu tempat jualannya dipasar deket rumah saya. Lokasinya pasar ngebuk ujung selatan dekat pinggir jalan di jl kemetiran, seberang SMKN 1 Jogja tapi kadang juga jualan di jl sosrowijayan."

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait