alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tak Bersengketa di Pilkada, Tiga Kepala Daerah di DIY Bakal Dilantik Online

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana Kamis, 25 Februari 2021 | 07:24 WIB

Tak Bersengketa di Pilkada, Tiga Kepala Daerah di DIY Bakal Dilantik Online
Sekda DIY Baskara Aji berbicara pada awak media di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Senin (20/7/2020) siang. - (SuaraJogja.id/Putu)

Berbeda dari sebelumnya, pelantikan tiga bupati dan wakil bupati di DIY akan dilakukan secara online ataupun offline, tetapi terbatas.

SuaraJogja.id - Tiga pasangan kepala daerah di tiga kabupaten di DIY seperti Bantul, Sleman dan Gunung Kidul dipastikan akan dilantik pada Jumat (26/2/2021). Ketiganya bisa segera memimpin masing-masing kabupaten selama lima tahun kedepan karena tidak ada persoalan sengketa politik dalam Pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Dari Jakarta [Kemendagri] menyampaikan pelantikan bupati dan wakil Bupati tanggal 26 [Februari] besok, barusan ini tadi pemberitahuannya," papar Sekda DIY di Kompleks Kepatihan Yogtakarta, Rabu (24/2/2021).

Menurut Aji, berbeda dari sebelumnya, pelantikan tiga bupati dan wakil bupati akan dilakukan secara online ataupun offline, tetapi terbatas. Sebab sesuai aturan Kemendagri, pertemuan secara langsung tidak boleh melibatkan lebih dari 25 orang.

Semua undangan juga harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Karenanya dimungkingkan, hanya tiga pasangan bupati terpilih yang nantinya hadi secara offline di kantor Pemda DIY.

Baca Juga: Sri Purnomo Ucap Perpisahan Sebagai Bupati Sleman, Warganet: Matur Nuwun

"Mau tidak mau kita harus online yang hadir atau yang online apakah bupatinya. Tapi kalau bisa calonnya ada di sini [kepatihan dan yang hadir [tamu undangan] melalui online," jelasnya.

Di Bantul, bupati dan wakil bupati terpilih yang akan dilantik yakni Abdul Halim Muslim dan Joko Purnomo. Abdul Halim, yang sebelumnya menjabat sebagai wakil bupati, menggantikan Suharsono.

Sedangkan di Sleman, Kustini Sri Purnomo dan Danang Maharsa menggantikan Sri Purnomo dan Sri Muslimatun. Di Gunungkidul, Sunaryanta dan Heri Susanto menggantikan Badingah dan Immawan Wahyudi.

Kontributor : Putu Ayu Palupi

Baca Juga: Segera Jabat Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih A kan Prioritaskan Hal Ini

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait