alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Hujan Es Guyur Sejumlah Titik di Jogja, Jalan AM Sangaji Hingga Area UGM

Galih Priatmojo | Mutiara Rizka Maulina Rabu, 03 Maret 2021 | 14:50 WIB

Hujan Es Guyur Sejumlah Titik di Jogja,  Jalan AM Sangaji Hingga Area UGM
Bentuk es yang turun bersama hujan lebat di kawasan Kota Yogyakarta. - (Instagram/@merapi_uncover)

Dalam keterangannya, disampaikan bahwa hujan es terjadi di beberapa titik, di antaranya adalah SMA N 3 Jogjakarta, UGM, Terban dan beberapa kawasan di sekitarnya.

SuaraJogja.id - Wilayah Daerah istimewa Yogyakarta (DIY) diguyur hujan lebat setelah selama dua hari berturut-turut hanya dikungkung hawa panas. Hujan dengan intensitas tinggi mengguyur beberapa kawasan di Jogjakarta Selasa (3/3/2021), beberapa di antaranya bahkan ada yang mengalami hujan es

Akun Instagram @merapi_uncover membagikan video dari warganet yang menunjukkan butiran es batu jatuh dari langit saat hujan deras mengguyur kawasan Jogjakarta. Dalam video tersebut, seorang pria menunjukkan sebutir es batu dari sebuah halaman sekolah saat hujan deras mengguyur kawasan tersebut. 

Pria dalam video tersebut juga heboh mengabarkan jika hujan es turun di kawasan tersebut. Dalam keterangannya, disampaikan bahwa hujan es terjadi di beberapa titik, di antaranya adalah SMK N 3 Jogjakarta, UGM, Terban dan beberapa kawasan di sekitarnya. 

"13:33 Hujan Es juga terjadi di Kota Jogja diantaranya di SMK 3 Jogja , area UGM , Terban dan sekitarnya," tulis akun @merapi_uncover dalam keterangannya. 

Baca Juga: Sindir Mitos Jalanan di Jogja Itu Romantis, Warganet Tunjukin Sisi Kelamnya

Hujan es tersebut terjadi pada siang hari. Sejak diunggah, video seorang pria yang memperlihatkan butiran es dari hujan lebat itu sudah ditayangkan lebih dari 3000 kali. Ada beberapa komentar yang ikut ditinggalkan warganet. Banyak yang terlihat heboh dengan fenomen tersebut. 

Sementara itu, prakiraan cuaca Jogja sendiri menunjukkan adanya kemungkinan hujan lebat dan volume angin yang tinggi. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)memberi peringatan bagi masyarakat untuk waspada terhadap potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang di Kulon Progo utara dan Sleman utara. 

Dengan prakiraan cuaca tersebut, suhu di seluruh DIY diprediksi memiliki rentang antara 23-32 derajat celsius kecuali Kabupaten Sleman, dengan batas maksimum di angka 31 derajat celsius. Sementara itu, tingkat kelembapan di Sleman diperkirakan antara 65-95 persen, sedangkan di kabupaten/kota lainnya 60-95 persen. 

Sebelumnya, fenomena serupa juga terjadi di beberapa daerah seperti Sleman dan Nganjuk. Butiran es sebesar kelerenga terekam kamera milik warganet dan viral beredar di media sosial. Hari sebelumnya Selasa (2/3/2021), butiran es sebesar kelerang turun bersama dengan hujan di kawasan Turi, Sleman. 

Tonton video lengkapnya DISINI

Baca Juga: 7 Penerima Vaksin Covid-19 di Jogja Alami KIPI, Dinkes Sebutkan Keluhannya

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait