alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sri Sultan Tunjuk Gusti Condro Kirono Sebagai Plt Pengageng Panitikismo

Galih Priatmojo Senin, 19 April 2021 | 18:50 WIB

Sri Sultan Tunjuk Gusti Condro Kirono Sebagai Plt Pengageng Panitikismo
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X - (SuaraJogja.id/Hiskia Andika)

Gusti Condro Kirono ditunjuk sebagai Pengageng Panitikismo yang mengurusi persoalan Sultan Ground.

SuaraJogja.id - Raja Keraton Ngayogyakarto Hadiningrat, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengungkapkan saat ini Pengageng Panitikismo sementara dijabat oleh puterinya, Gusti Condro Kirono. Gusti Condro Kirono telah ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Pengageng Panitikismo yang bertugas mengurusi persoalan Sultan Ground (SG).

Sultan mengatakan, penggunaan Sultan Ground saat ini sebaiknya lebih diarahkan untuk kelompok masyarakat banyak dan bukan untuk personal atau pribadi. Hal ini bertujuan agar kemanfaatan Sultan Ground akan lebih banyak untuk masyarakat dari pada pribadi.

"Seperti penyewaan tanah kas desa, kalau bisa ya untuk kelompok masyarakat. Jangan pribadi, kalau pribadi keuntungannya hanya dirasakan personal bukan banyak orang," terangnya, saat berkunjung ke Gunungkidul, Senin (19/4/2021).

Oleh karenanya, ia mendorong kepada pemerintah Kalurahan yang ingin menyewakan tanah kas desa agar lebih mementingkan masyarakat yang berekelompok.  Sementara untuk tanah sultan Ground yang bukan merupakan tanah kas desa maka bisa rembuga dan mengajukan ijin ke Gusti Condro Kirono sebagai pengageng Panitikismo.

Baca Juga: Adik Kandung Sri Sultan Hamengku Buwono X, Gusti Hadiwinoto Wafat

Harapannya, masyarakat sekitar tanah Sultan Ground itu bisa merasakan manfaat Sultan Ground. Ia mencontohkan seperti yang terjadi di Kalurahan Mangunan di mana warga masyarakat yang banyak menggunakan Sultan Ground untuk pariwisata. Di mana dengan berkelompok, warga masyarakat diberi bantuan gubernur untuk memulai usaha pariwisata mereka. 

"Tiga tahun kita bantu dengan bantuan gubernur. Hal itu bisa dibentuk apakah kelompok ataupun koperasi, bagi saya tidak masalah," ujarnya.

Kontributor : Julianto

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait