alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Percepat Vaksinasi Lansia, Dinkes Sleman Lakukan Pendaftaran Jemput Bola

Galih Priatmojo | Hiskia Andika Weadcaksana Selasa, 20 April 2021 | 20:15 WIB

Percepat Vaksinasi Lansia, Dinkes Sleman Lakukan Pendaftaran Jemput Bola
Margaretha Endang Sri Purwanti, warga Pasar Kliwon, Solo, saat disuntik vaksin Covid-19 di Rumah Sakit Bung Karno, Senin (1/3/2021). [Suara.com/Budi Kusumo]

Dinkes Sleman fokus selesaikan vaksinasi lansia tahap pertama

SuaraJogja.id - Vaksinasi lansia di Bumi Sembada belum berjalan maksimal. Melihat kondisi tersebut Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sleman akan mengubah strategi vaksinasi bagi para lansia.

Kondisi tersebut diakui langsung oleh Kepala Dinkes Sleman Joko Hastaryo saat dikonfirmasi awak media, Selasa (20/4/2021). Menurutnya upaya percepatan vaksinasi lansia akan terus dilakukan.

"[Vaksinasi lansia belum maksimal] sehingga kami ubah strategi dengan cara pendaftaran jemput bola melalui kader kesehatan," kata Joko.

Joko tidak menampik belum maksimalnya vaksinasi bagi para lansia itu disebabkan beberapa faktor. Termasuk salah satunya dalam proses pendaftaran bagi yang bersangkutan.

Baca Juga: Menkes Ingatkan Pemda Prioritaskan Vaksinasi Lansia Jelang Lebaran

Pasalnya sebagian besar lansia yang ada di Sleman belum mendaftar pada link yang sudah ditentukan yakni di daftarvaksin.slemankab.go.id.

"Iya kendalanya antara lain dalam proses pendaftaran yang sebagian besar belum mendaftar di link itu," ujarnya.

Sedangkan kendala lain, kata Joko, jika dalam pelaksanaan umumnya memang para lansia perlu pendampingan. Sehingga memang akan memakan waktu yang lebih lama.

Terdapat beberapa upaya guna mendukung percepatan program vaksinasi Covid-19 bagi lansia tersebut. Salah satunya dengan pendataan yang dilakukan berbasis kewilayahan.

Pendataan itu nantinya akan dilakukan secara manual melalui puskesmas. Dibantu dengan pihak-pihak dari RT, RW, Dukuh, Kalurahan hingga Kapanewon.

Baca Juga: Antisipasi Pemudik Datang ke Solo, Gibran Kebut Vaksinasi Lansia

"Kami targetkan dosis 1 lansia selesai akhir pertengahan bulan Mei," ungkapnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait