alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sepekan Jelang Lebaran, Ratusan Bus dari Jabodetabek Masuk ke Gunungkidul

Galih Priatmojo Rabu, 05 Mei 2021 | 12:39 WIB

Sepekan Jelang Lebaran, Ratusan Bus dari Jabodetabek Masuk ke Gunungkidul
Aktivitas pemudik di terminal Dhaksinaga Gunungkidul, [Kontributor / Julianto]

Ratusan bus AKAP yang berisi pemudik terpantau sudah berdatangan ke terminal di Gunungkidul.

SuaraJogja.id - Ratusan pemudik mulai berdatangan ke wilayah kabupaten Gunungkidul. Sebagian besar mereka menggunakan kendaraan umum bus untuk masuk ke wilayah kabupaten Gunungkidul. Seperti diketahui saat ini ini bus antarkota antar provinsi (AKAP) masih diperkenankan untuk beroperasi.

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Dhaksinaga Gunungkidul, Sularjo mengungkapkan hinggs tanggal 5 Mei 2021 kemarin ratusan kendaraan AKAP telah masuk ke Terminal Dhaksinarga. Ratusan penumpang juga telah turun di terminal terbesar di Gunungkidul ini.

Namun hingga saat ini pihaknya masih mencatatkan angka keberangkatan lebih besar dibandingkan dengan kedatangan penumpang. Hingga tanggal 5 Mei 2021 ini, pihaknya mencatat ada 224 bus yang datang dengan jumlah penumpang 278 orang. 

"Itu semua berasal dari Jabodetabek,"ujar Sularjo, Rabu (5/5/2021).

Baca Juga: Mobil Luar Daerah Mulai Diminta Putar Balik Saat Hendak Masuk Gunungkidul

Sementara untuk yang berangkat dari Terminal Dhaksinarga, pihaknya mencatat masih lebih banyak. Hingga tanggal 5 Mei 2021 pagi, jumlah bus AKAP yang berangkat dari terminal dhaksinarga mencapai 224 Armada dengan jumlah penumpang yang diberangkatkan sekitar 719 orang.

Sementara di Terminal Semin, Terminal terakhir di wilayah kabupaten Gunungkidul juga hampir sama. Kepala Terminal Semin Nur Wijaya mengungkapkan sudah terlihat adanya kenaikan jumlah penumpang sejak akhir pekan kemarin. Rata-rata penumpang masih berasal dari Jabodetabek.

"Ada sedikit kenaikan. Tapi tidak banyak,"ujarnya.

Hingga tanggal 4 Mei 2021 kemaren setidaknya ada 87 armada AKAP yang datang dari Jabodetabek dengan membawa penumpang 188 orang sementara yang diberangkatkan dari terminal tersebut kata 97 armada dengan mengangkut 151 orang.

Terminal Semin merupakan Terminal terakhir dari wilayah kabupaten Gunungkidul. Di mana biasanya armada-armada dari Jabodetabek menginap di terminal ini sebelum akhirnya berangkat kembali ke Jabodetabek. Sehingga Biasanya banyak penumpang yang sudah turun di jalan sebelum masuk ke terminal.

Baca Juga: Cegah Pemudik Masuk Gunungkidul, Polisi Siapkan Dua Pos Penyekatan

"Tak jarang bus yang masuk ke sini penumpangnya kosong. Wong sudah turun di jalan,"terangnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait