alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Percepat Pembangunan Pariwisata, Kulon Progo Kerja Sama dengan BOB

Galih Priatmojo | Hiskia Andika Weadcaksana Rabu, 12 Mei 2021 | 08:03 WIB

Percepat Pembangunan Pariwisata, Kulon Progo Kerja Sama dengan BOB
Penandatanganan kesepakatan kerja sama Kulon Progo dan Badan Otorita Borobudur (BOB) di Aula Ardikata kompleks Pemkab Kulon Progo pada Selasa (11/5/2021). (Dokumentasi: Humas Pemkab Kulon Progo).

Bupati Kulon Progo, Sutedjo menyatakan kesepakatan kerja sama dalam pengembangan kepariwisataan ini memang perlu dilakukan sesuai dengan arahan Presiden

SuaraJogja.id - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo menandatangani kesepakatan kerja sama dengan Badan Otorita Borobudur (BOB). Hal ini sebagai wujud sinergitas dari kedua pihak terkait dengan pengembangan pariwisata

Pelaksanaan penandatangan kesepakatan kerja sama tersebut dilaksanakan di Aula Ardikata kompleks Pemkab Kulon Progo pada Selasa (11/5/2021). 

Bupati Kulon Progo, Sutedjo menyatakan kesepakatan kerja sama dalam pengembangan kepariwisataan ini memang perlu dilakukan sesuai dengan arahan Presiden. Penandatanganan ini sebagai wujud komitmen bersama untuk terus memajukan pariwisata di Indonesia terkhusus Borobudur.

Diharapkan dengan adanya peningkatan sekor pariwisata dapat mempercepat penerimaan defisa negara, penyerapan tenaga kerja, peningkatan pertubuhan ekonomi berkelanjutan serta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga: Gelar Penyekatan di Kulon Progo, Polisi Amankan Mobil Muatan 78 Anjing

Menurut Sutedjo, kerjasama ini bukan tidak mungkin akan menguntungkan Kulon Progo. Pasalnya BOB memiliki program pariwisata di Borobudur Highland yang berada di perbatasan Kulon Progo, Magelang dan Purworejo. 

Berdasarkan konsep pengembangan pariwisata yang ada tersebut. Lantas bakal diintegrasikan melalui Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara dinas terkait bersama dengan BOB.
 
“Ini tentu akan menguntungkan Kulon Progo. Apalagi Bandara YIA juga berada di Kulon Progo, sehingga nantinya pengembangan wisata bisa lebih disinergiskan,” ujar Sutedjo.

Sementara itu, Direktur BOB Indah Juanita, menuturkan selain dengan Kabupaten Kulon Progo kerja sama serupa juga bakal dijalin bersama Kabupaten Magelang dan Purworejo, Jawa Tengah. 

Pasalnya, tiga kabupaten tersebut menjadi wilayah kerja koordinatif BOB selama ini. Terlebih dalam rencana pengembangan pariwisata pendukung destinasi super prioritas yakni salah satunya Candi Borobudur. 

Lebih lanjut, Indah menyatakan melalui perjanjian kerja sama ini BOB juga bakal memberikan sejumlah kegiatan bagi masyarakat khususnya pelaku wisata di Kulon Progo. Salah satunya bimbingan teknis serta pengembangan potensi ekonomi kreatif yang ada. 

Baca Juga: Puncak Kepadatan Penumpang di YIA Kulon Progo Terjadi Hari Ini

"Kami diberi kesempatan bisa menjalankan tugas-tugas ini Insya Allah, akan bisa berjalan dengan baik.  Hari ini kita mendatangani satu kesepakatan kerja sama yang mana sangat penting. Dengan ini kami juga akan terus mendorong pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif,” ujar Indah.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait