alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

6 Manfaat Rajin Membersihkan Lidah, Bukan Hanya Menghilangkan Bau Mulut

Rima Sekarani Imamun Nissa | Fita Nofiana Sabtu, 24 Juli 2021 | 11:25 WIB

6 Manfaat Rajin Membersihkan Lidah, Bukan Hanya Menghilangkan Bau Mulut
Ilustrasi lidah, pria (Pixabay/alehidalgo)

Rutin membersihkan lidah juga bisa membantu menjaga kekebalan tubuh.

SuaraJogja.id - Banyak orang sudah sadar dan paham pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan mulut. Namun, langkah yang kerap terlewatkan adalah membersihkan lidah.

Perlu diketahui, lidah yang tidak dibersihkan bisa jadi akar penyebab bau dan penyakit mulut. Melansir dari Healthshots, membersihkan lidah Anda penting untuk menjauhkan bakteri jahat serta sisa-sisa makanan dan sel-sel mati.

Membersihkan lidah bertujuan menghilangkan zat penyebab bau seperti bakteri, kotoran, jamur, sel-sel mati, dan racun lainnya dari permukaan lidah.

Berikut beberapa manfaat kesehatan yang Anda dapatkan jika rajin membersihkan lidah.

Baca Juga: Awas! Kegiatan Ini Bisa Membuat Kekebalan Tubuh Turun

Ilustrasi lidah. (Shutterstock)

Menghilangkan bakteri

Bakteri merupakan sumber dari banyak masalah kesehatan mulut Anda seperti kerusakan gigi dan bau mulut. Membersihkan lidah bisa membantu menjaga keseimbangan bakteri baik yang tepat di mulut Anda. 

Pencernaan yang lebih baik

Pencernaan makanan dimulai dari mulut. Enzim yang ada dalam air liur memecah makanan supaya gampang dicerna oleh usus. Dalam hal ini, membersihkan lidah menjadi penting karena membantu mengaktifkan enzim yang relevan diperlukan untuk pencernaan makanan.

Mengaktifkan organ

Baca Juga: Termasuk Mulut Kering, 5 Masalah Oral Berikut Jadi Tanda Gejala Diabetes

Penggunaan pembersih lidah setiap hari membantu tubuh menghilangkan racun yang menumpuk di mulut dalam semalam. Ini juga dengan lembut mengaktifkan dan membangunkan organ dalam, memastikan Anda memulai hari dengan perasaan segar dan bersih.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait