facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Update Merapi, BPPTKG: Intensitas Kegempaan Minggu Ini Tercatat Lebih Tinggi

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Hiskia Andika Weadcaksana Jum'at, 06 Agustus 2021 | 19:10 WIB

Update Merapi, BPPTKG: Intensitas Kegempaan Minggu Ini Tercatat Lebih Tinggi
Titik api akibat kebakaran vegetasi terpantau di lereng barat daya gunung Merapi. Musim kemarau menyebabkan vegetasi mudah terbakar terkena pijaran lava. (Dok. BPPTKG).

"Pada minggu ini terjadi 7 kali awan panas guguran ke arah barat daya dengan jarak luncur maksimal 2.000 meter."

SuaraJogja.id - Aktivitas Gunung Merapi di perbatasan DIY dan Jawa Tengah masih terus berlangsung. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mencatat puluhan guguran lava dan sejumlah awan panas dalam sepekan terakhir.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida mengatakan aktivitas tersebut tercatat tepatnya pada periode 30 Juli - 5 Agustus 2021.

"Pada minggu ini terjadi 7 kali awan panas guguran ke arah barat daya dengan jarak luncur maksimal 2.000 meter," ujar Hanik dalam keterangan tertulisnya, Jumat (6/8/2021).

Sementara itu untuk guguran lava pada pekan ini hanya teramati mengarah ke barat daya saja. Berbeda dengan minggu lalu yang terdapat beberapa arah guguran.

Baca Juga: Merapi Keluarkan Awan Panas, Sejumlah Kawasan Lereng Diguyur Hujan Abu Tipis

"Guguran lava teramati sebanyak 84 kali ke arah barat daya dengan jarak luncur maksimal 2.000 meter," tuturnya.

Hanik menjelaskan kubah lava Merapi di sektor barat daya juga mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan itu berdasarkan analisis morfologi dari Stasiun Kamera Deles5, Tunggularum, Ngepos, dan Babadan2.

"Kubah lava barat daya bertambah tinggi sekitar 3 meter dengan volume 1.895.000 meter kubik. Sedangkan volume kubah tengah relatif tetap," ungkapnya

Diketahui pada pengamatan terakhir, volume kubah lava di sektor tengah sudah mencapai 2.817.000 meter kubik.

Lebih lanjut, disampaikan Hanik, intensitas kegempaan pada minggu ini tercatat lebih tinggi dibandingkan minggu lalu. Deformasi Gunung Merapi yang dipantau dengan menggunakan EDM pada minggu ini menunjukkan laju pemendekan jarak sebesar 12 cm per hari.

Baca Juga: Masih Bergejolak, Merapi Kembali Keluarkan Awan Panas Sejauh 1 Kilometer ke Barat Daya

Pada minggu ini juga sempat terjadi hujan di Pos Pengamatan Gunung Merapi dengan intensitas curah hujan sebesar 46 mm/jam selama 25 menit di Pos Kaliurang pada tanggal 31 Juli 2021.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait