alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Syarat Masuk Mal Bukti Sudah Divaksin, Begini Cara Scan Barcode di PeduliLindungi

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana Rabu, 25 Agustus 2021 | 10:57 WIB

Syarat Masuk Mal Bukti Sudah Divaksin, Begini Cara Scan Barcode di PeduliLindungi
Sejumlah pengunjung Mall yang tengah melakukan scan barcode peduli lindungi di Aeon Mall BSD City, Tangerang, Jumat 20 Agustus 2021. [Suara.com/Hilal Rauda Fiqry]

Pengunjung perlu menunjukkan sertifikat vaksin dari barcode PeduliLindungi sebagai syarat masuk mal.

SuaraJogja.id - Aktivitas mal perlahan kembali dimulai, setelah sekitar sebulan PPKM diterapkan. Namun kini, bukti sudah divaksin menjadi syarat masuk mal.

Untuk memenuhi syarat masuk mal setelah PPKM level 4 diperpanjang hingga 16 Agustus 2021, pengunjung perlu menunjukkan sertifikat vaksin dari barcode PeduliLindungi.

Bagaimana cara scan barcode di PeduliLindungi ini sebagai syarat masuk mal? Simak caranya berikut ini:

  1. Download aplikasi PeduliLindungi di Google Play Store bagi pengguna Android dan App Store bagi pengguna iPhone.
  2. Install aplikasi PeduliLindungi pada perangkat, kemudian login menggunakan data pribadi yang diminta, seperti email atau nomor telepon yang digunakan saat mendaftar vaksinasi.
  3. Pada aplikasi PeduliLindungi klik menu Scan QR Code pada menu utama, kemudian scan QR Code yang ada di pintu masuk mal. Hasilnya bisa ditunjukkan kepada petugas.
  4. Hasil akan ditampilkan: warna hijau berarti kamu boleh masuk mal. Warna kuning akan dilakukan verifikasi ulang oleh petugas. Sementara warna merah, kamu tak diizinkan masuk mal.
  5. Setelah proses pemindaian selesai, petugas juga akan meminta sertifikat vaksin yang terdapat dalam aplikasi PeduliLindungi.

Aturan Masuk Mal

Baca Juga: Kangen Ngemall? Ini Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi untuk Sertifikat Vaksin

Uji coba pembukaan mal dilakukan di sejumlah wilayah PPKM level 4. Empat kota di antaranya yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang. Meski telah mendapatkan izin untuk dibuka, pengunjung mal tetap dibatasi hanya 25% saja.

Adapun pengunjung harus menaati sejumlah peraturan masuk mal:

  1. Anak berusia di bawah 12 tahun dan orang tua berusia 70 tahun ke atas dilarang masuk mal.
  2. Pengunjung yang akan masuk mal harus sudah divaksin.
INFOGRAFIS: Cara Scan Barcode di PeduliLindungi sebagai Syarat Masuk Mal
INFOGRAFIS: Cara Scan Barcode di PeduliLindungi sebagai Syarat Masuk Mal

Ketentuan tersebut dibuktikan dengan menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19 yang dapat diakses pada aplikasi PeduliLindungi yang dibuat oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Dengan aplikasi PeduliLindungi, pengunjung dapat dicek apakah telah menjalani vaksinasi Covid-19 sebagai syarat masuk mal dan pusat perbelanjaan.

Aplikasi PeduliLindungi bisa diunduh di Google Play Store maupun App Store. Setelah memasang aplikasi tersebut, pengunjung bisa melihat sertifikat vaksin Covid-19.

Baca Juga: Cara Scan Barcode PeduliLindungi Tanda Sudah Vaksin buat Syarat Masuk Mall

Namun, bagi mereka yang belum vaksin, tetapi ingin berkunjung ke mal, mereka diwajibkan untuk menunjukkan bukti negatif PCR/antigen.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait