facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Gelar Serbuan 10.000 Vaksinasi, TNI AU Kerahkan 17 Armada Jemput Warga

Galih Priatmojo Rabu, 25 Agustus 2021 | 13:09 WIB

Gelar Serbuan 10.000 Vaksinasi, TNI AU Kerahkan 17 Armada Jemput Warga
vaksinasi yang digelar TNI AU di kawasan Lapangan Terbang Gading Gunungkidul, Rabu (25/8/2021). [Kontributor / Julianto]

di hari pertama target vaksinasi sebanyak 3000 orang

SuaraJogja.id - TNI Angkatan Udara mulai melakukan serbuan vaksinasi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dua lokasi mereka jadikan lokasi pertama serbuan vaksinasi tersebut adalah di Lapangan Terbang Gading Gunungkidul dan Yogyakarta International Airport (YIA) Kulonprogo.

Danlanud Adisutjipto Marsekal Pertama TNI M Yani Amirullah mengatakan, seperti yang direncanakan sebelumnya, TNI AU akan melakukan serbuan vaksinasi di dua titik yaitu Lapangan Terbang Gading dan Bandara YIA. Masing-masing titik akan menyasar 10 ribu vaksin sehingga secara keseluruhan ada 20 ribu warga yang akan divaksin.

"Ini akan kita laksanakan selama 3 hari, tanggal 25 hingga 28 Agustus,"ujar dia di Lapangan Terbang Gading, Rabu (25/8/2021).

Di hari pertama pihaknya menargetkan ada sekitar 3000 orang yang akan divaksin. Namun jika peminatnya bertambah maka pihaknya tidak menutup kemungkinan akan menambah pasokan vaksinnya. Bahkan pihak TNI AU juga akan melayani vaksinasi reguler di klinik Lanud Adisutjipto dekat dengan RSPAU Hardjolukito.

Baca Juga: Tabrak Ayam, Pasangan Suami Istri Asal Gunungkidul Meninggal Dunia

Dua wilayah yang dipilih pelaksanaan vaksin adalah dua lokasi yang selama ini vaksinasinya masih rendah. Sehingga pihaknya berinisiatif menggenjot vaksinasi tersebut. Dan untuk meningkatkan animo masyarakat untuk vaksinasi, TNI AU mengerahkan armada penjemputan.

"Kami kerahkan 17 truk dan bus untuk menjemput warga yang ingin vaksin. Di sini kan selama ini katanya sudah memobilisasi warga karena medan jaraknya jauh,"tambahnya.

Danlanud menambahkan, untuk vaksinasi kali ini pihaknya menggunakan vaksin jenis sinovac sesuai yang mereka terima dari Kementrian Kesehatan. Vaksin ini mereka gunakan untuk memenuhi kebutuhan semua warga yang datang karena peserta kali ini mulai dari pelajar, masyarakat umum, lansia bahkan ibu menyusui.

Pihaknya juga sengaja memilih Lapangan udara yang areanya cukup luas sehingga pihaknya bisa dengan leluasa melakukan pengaturan jarak. Dan selama pantauan yang ia lakukan, masyarakat Gunungkidul cukup tertib mengikuti kegiatan vaksinasi ini.

"Vaksinasi kedua akan kami lakukan tanggal 28 September 2021,"ujarnya 

Baca Juga: Nasib Apes Dalang Wayang di Gunungkidul, Baru Sekali Pentas Dibubarkan karena Langgar PPKM

Untuk memperlancar kegiatan ini pihaknya mengerahkan 20 tim vaksinasi yang sengaja didatangkan dari Diskes TNI AU, tenaga kesehatan seluruh rumah sakit AU di Indonesia, tenaga kesehatan dari Paskhas AU dari Jakarta, Solo ataupun Iswahyudi Madiun. 

Kontributor : Julianto

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait