alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sulit Akses Modal Usaha Selama Pandemi, Sahabat Ganjar Borong Produk UMKM di Jogja

Eleonora PEW Minggu, 12 September 2021 | 14:35 WIB

Sulit Akses Modal Usaha Selama Pandemi, Sahabat Ganjar Borong Produk UMKM di Jogja
Sahabat Ganjar membeli beragam makanan dari UMKM dan membagikan secara gratis di Yogyakarta, Sabtu (11/09/2021). - (Kontributor SuaraJogja.id/Putu)

Kegiatan ini sebagai bentuk pembuktian bahwa mereka tidak hanya melakukan deklarasi dukungan semata.

SuaraJogja.id - Dukungan relawan terhadap Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo nampaknya tak main-main. Relawan yang menamakan diri Sahabat Ganjar kembali membuat gebrakan dengan mengadakan aksi borong dagangan UMKM se-Indonesia pada Sabtu (11/09/2021) laiknya program serupa yang dilakukan Ganjar.

Aksi tersebut dilakukan serentak di 51 kota di Indonesia dengan memborong dagangan pedagang bakso, mie ayam, warteg, dan produk UMKM lainnya. DI DIY, Sahabat Ganjar memborong produk UMKM di seputaran kawasan Kemetiran dan Kalasan dan membagikannya kepada masyarakat sekitar secara gratis.

"Banyak pelaku usaha mikro yang tidak bisa mengakses modal usaha ke perbankan selama pandemi ini, padahal mereka membutuhkannya untuk bisa bertahan hidup," ungkap Jonathan Erwan Catur, koordinator Sahabat Ganjar dari Yogyakarta disela aksi.

Menurut Erwan, untuk wilayah DIY, mereka memborong dagangan dari sejumlah pedagang, mulai dari asongan, mie ayam, angkringan dan lainnya yang berkeliling menggunakan gerobak atau berjualan di lapak kaki lima.

Baca Juga: Bikin Warganet Cemburu, Ganjar Pranowo Pamer Kemesraan dengan Istrinya Siti Atiqoh

Kegiatan ini sebagai bentuk pembuktian bahwa mereka tidak hanya melakukan deklarasi dukungan semata. Namun saat ini memberikan aksi nyata yang terkait langsung bagi masyarakat, apalagi yang terdampak pandemi COVID-19.

“Kami ingin melakukan aksi nyata bukan hanya sekedar aksi deklarasi dukungan semata pak ganjar maju jadi RI 1 pada 2024 mendatang," paparnya.

Selain di DIY, aksi yang sama juga dilakukan di sejumlah kota. Diantaranya di Aceh, Medan, Bukittinggi, Pekanbaru, Batam, Kota Baru, Serang, Kuningan, Sukabumi, Cianjur, Karawang, Bandung, Cirebon, Bogor Kota, Bekas, Semarang, Kedu, Banyumas, Solo, Pekalongan, Surabaya, Mojokerto, Bojonegoro, Malang, Denpasar, Praya, Sabu Raijua, Manggarai, Banjarmasin, Kotabaru , Tarakan, Manado, Bitung , Polewali Mandar, Palu, Tobelo, Ambon, Manokwari, Jayapura dan DKI Jakarta.

Kegiatan ini sesuai dengan komitmen Ganjar Pranowo yang membantu pengembangan produk UMKM. Diantaranya melalui promosi UMKM di akun media sosial miliknya.

"Diharapkan kegiatan ini paling tidak bisa membantu umkm untuk segera bangkit agar pandemi dapat segera berakhir, dan seluruh lapisan masyarakat dapat kembali beraktivitas secara normal," imbuhnya.

Baca Juga: Petani Porang Wajib Tahu! BNI Beri Dukungan KUR Khusus Pertanian Klaster Ekspor

Kontributor : Putu Ayu Palupi

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait