alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Bahan Alami, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Eleonora PEW Jum'at, 17 September 2021 | 15:21 WIB

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Bahan Alami, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah
Ilustrasi bekas luka. (Shutterstock)

Ada 5 bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka sendiri di rumah.

SuaraJogja.id - Koreng yang berbekas seringkali mengurangi kepercayaan diri karena penampilan jadi terasa mengganggu. Untuk mengatasinya, ikuti cara menghilangkan bekas luka dalam artikel ini.

Berbagai cara mengilangkan bekas luka pun telah tersedia di masa sekarang ini, mulai dari prosedur medis hingga dengan bahan alami.

Untuk mengatasi bekas luka, perlu diperhatikan pula beragam jenis, lokasi, hingga penyebabnya. Untuk menghilangkan bekas luka yang cukup parah dan dalam, diperlukan bantuan dokter.

Namun, jika luka tak begitu parah dan penyebabnya terbilang cukup sepele, ada cara mudah yang bisa dilakuan di rumah untuk menghilangkannya.

Baca Juga: 8 Cara Rawat Luka Cacar Air Agar Tak Berbekas

Cara ini juga bisa diterapkan sebagai lanjutan setelah menjalani pengobatan medis di awal timbul luka.

Apa saja sih? Simak di bawah ini lima bahan alami yang dapat membantu menghilangkan bekas luka sendiri di rumah, tentunya jika dilakukan secara rutin:

1. Lemon

Ilustrasi jeruk lemon [Shutterstock].
Ilustrasi jeruk lemon [Shutterstock].

Vitamin C dipercaya berkhasiat mencerahkan dan meratakan warna kulit. Selain itu, vitamin C juga sudah terbukti sebagai agen depigmentasi.

Dengan vitamin C, melanin--pigmen alami yang memberi warna kulit--dapat dikurangi. Maka dari itu, lemon, yang kaya akan vitamin C bisa dipakai untuk menghilangkan bekas luka.

Baca Juga: Dicibir Gegara Banyak Bekas Luka, Selebgram Risya Brabo: Jangan Dibawa Stres!

Caranya, gosokkan secara lembut potongan lemon pada bekas luka dan biarkan sekitar 10 menit hingga air lemon terserap pada kulit. Terakhir, bilas.

2. Jeruk nipis

Jeruk nipis juga merupakan salah satu bahan alami yang populer sebagai pencerah kulit serta pemudar bekas luka.

Manfaat jeruk nipis mengatasi bau badan
Manfaat jeruk nipis mengatasi bau badan

Khasiat tersebut dibawa oleh kandungan Alpha Hydroxy Acids (AHA), yang menurut Halodoc, mampu mengangkat sel kulit mati, mempercepat proses regenerasi kulit, dan mengembalikan elastisitas kulit.

Sama seperti lemon, cara menghilangkan bekas luka dengan jeruk nipis juga tinggal menggosokkannya secara lembut pada bekas koreng.

3. Madu dan baking soda

Madu juga memiliki kandungan yang membantu proses regenerasi sel-sel dalam kulit, sehingga bekas luka cepat hilang dengan bantuan madu.

Untuk menghilangkan bekas luka menggunakan madu, campurkan dengan baking soda secukupnya untuk digosokkan sebagai scrub pada bekas luka.

4. Lidah buaya

Bukan rahasia lagi jika lidah buaya kaya akan manfaat, terutama bagi kecantikan kulit. Sel-sel kulit mati pada bekas luka akan terangkat dengan bantuan lidah buaya, yang bersifat antiinflamasi.

Pada pagi hari setelah bangun tidur dan malam sebelum tidur, oleskan gel atau daging lidah buaya secara rutin supaya pemudaran bekas luka berhasil maksimal.

5. Vitamin E

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Bahan Alami, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah - 3

Vitamin E dikenal baik untuk kulit karena membantu mempercepat proses penyembuhan luka pascaoperasi dan mencegah jaringan parut atau keloid pada kulit.

Banyak bahan alami yang mengandung vitamin E, antara lain biji-bijian, kacang, dan sayuran hijau. Namun beda dari keempat bahan di atas, vitamin E lebih disarankan untuk dikonsumsi alih-alih sebagai pengobatan luar.

Untuk pengobatan luar, sudah banyak salep atau krim yang mengandung vitamin E. Meski begitu, tetap memerlukan pengawasan dokter bagi obat-obat tertentu yang tidak dijual bebas.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait