alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

7 Makanan Penyebab Asam Lambung Naik, Penderita Penyakit Mag Wajib Hindari

Eleonora PEW Selasa, 21 September 2021 | 23:39 WIB

7 Makanan Penyebab Asam Lambung Naik, Penderita Penyakit Mag Wajib Hindari

Gejala asam lambung naik sendiri antara lain adanya sensasi terbakar di dada, nyeri ulu hati, hingga sulit menelan.

SuaraJogja.id - Memiliki penyakit mg memang cukup repot karena salah makan sekali, efeknya bisa sangat menyiksa. Maka dari itu, perlu diketahui deretan makanan penyebab asam lambung naik.

Supaya tidak kambuh, penderita penyakit mag tidak boleh sembarangan memilih makanan maupun minuman.

Ada beragam pantangan bagi mereka supaya yang dikonsumsi tidak menaikkan asam lambung dan berakibat mengganggu kesehatan.

Gejala asam lambung naik sendiri antara lain adanya sensasi terbakar di dada, nyeri ulu hati, hingga sulit menelan.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Herbal yang Bisa Mengatasi Asam Lambung

Agar gejala-gejala di atas tidak terjadi pada Anda, hindari tujuh makanan berikut ini, yang berpotensi menaikkan asam lambung:

1. Makanan yang digoreng dan tinggi lemak

Makanan yang mengandung banyak lemak, termasuk gorengan, merupakan pemicu asam lambung naik karena, menurut HelloSehat, lemak melemahkan otot di katup kerongkongan, atau esofagus, bagian bawah.

Ilustrasi Gorengan. (bandungkita.id)
Ilustrasi Gorengan. (bandungkita.id)

Kerongkongan lantas menjadi mudah terbuka, dan asam lambung dengan mudahnya naik ke kerongkongan, sehingga muncul reaksi nyeri atau sensasi terbakar di dada.

2. Makanan pedas

Baca Juga: Bisa Sebabkan Masalah, Hindari 4 Asupan Berikut saat Perut Kosong

Selain perut mulas hingga diare, makanan pedas juga menyebabkan asam lambung naik, sehingga masuk dalam daftar pantangan penderita penyakit mag.

Capsaicin, yakni ekstrak alkaloid dari cabai, adalah si penyebabnya. Ia membuat sistem kerja pencernaan jadi lambat, padahal jika makin lama makanan bertahan di perut, makin meningkat risiko asam lambung naik.

3. Bawang

Di samping makanan pedas, makanan tajam, seperti bawang putih, bawang merah, atau bawang bombay, bisa menyebabkan mulas.

Memang, dilansir Halodoc, bawang tidak memicu asam lambung naik pada semua orang, tetapi penderita penyakit mag perlu waspada supaya lambung tidak terluka.

4. Jeruk

Buah-buahan yang sangat asam, misalnya jeruk, perlu dijauhi penderita penyakit mag, apalagi jika Anda sering mengalami refluks asam.

7 Makanan Penyebab Asam Lambung Naik, Penderita Penyakit Mag Wajib Hindari - 2

Kalau tak mau merasakan gejala sensasi dada terbakar parah, jangan coba-coba nekat mengonsumsi buah-buahan citrus: jeruk, lemon, atau jeruk bali.

5. Tomat

Sama seperti jeruk, tomat juga menjadi salah satu jenis buah yang wajib masuk dalam daftar pantangan penderita penyakit mag.

Sebab, asam sitrat dan asam malat dalam tomat memicu asam lambung naik, sehingga penyakit mag bisa kambuh.

6. Kafein

Ilustrasi Kopi Hitam. (Unsplash/@muustudio)
Ilustrasi Kopi Hitam. (Unsplash/@muustudio)

Kafein tak hanya bisa melemahkan otot esofagus, tetapi juga merangsang lebih banyak sekresi asam. Dengan begitu, bisa terjadi peningkatan hormon gastrin, hormon yang berfungsi merangsang lambung memproduksi asam lambung.

Beberapa makanan atau minuman yang mengandung kafein antara lain cokelat, kopi, teh, minuman bersoda, hingga minuman berenergi.

7. Alkohol

Sama seperti kafein, minuman beralkohol, apalagi dalam jumlah banyak, bisa mengikis lapisan perut sampai menjadi lebih rentan terhadap asam lambung, dan perut makin sensitif pada asam.

Dilaporkan pula bahwa jumlah produksi asam lambung bisa meningkat akibat alkohol. Untuk itu, jauhi alkohol ya, bagi para penderita penyakit mag, supaya tak mengalami asam lambung naik.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait