facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kejar Target Semua Warga Tervaksin, Jogja Prioritaskan 3 Kecamatan Ini

Eleonora PEW | Muhammad Ilham Baktora Senin, 04 Oktober 2021 | 15:40 WIB

Kejar Target Semua Warga Tervaksin, Jogja Prioritaskan 3 Kecamatan Ini
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani ditemui wartawan usai peninjauan vaksinasi Covid-19 di Kantor Kelurahan Giwangan, Kemantren Umbulharjo, Kota Jogja, Senin (4/10/2021). - (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)

Hingga kini, Dinkes Yogyakarta mencatat ada sekitar 10.210 warga yang belum mendapat vaksin.

SuaraJogja.id - Sebanyak tiga kemantren atau kecamatan yang ada di Kota Jogja menjadi wilayah yang masih belum mencapai target tuntas vaksin. Persentase capaian vaksinasi Covid-19 di tiga kemantren itu masih di bawah 90 persen.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani menyebutkan, tiga kemantren itu adalah Umbulharjo, Mergangsan, dan Tegalrejo.

"Tiga kemantren itu yang belum mendekati capaian tuntas vaksin, sehingga perlu kami kebut penyelesaiannya," jelas Emma ditemui wartawan usai vaksinasi massal di Kantor Kelurahan Giwangan, Umbulharjo, Kota Jogja, Senin (4/10/2021).

Ia mengatakan, langkah penyelesaian vaksinasi di wilayah tersebut menggandeng beberapa perangkat kelurahan dan RT. Selain itu, penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dilibatkan untuk menyisir warga mana yang belum tervaksin.

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 di Jogja Capai 90 Persen, Pemkot Optimistis 7 Oktober Tuntas

"Jadi harus satu per satu kami data lagi, siapa yang belum tervaksin. Rata-rata mereka yang sebelumnya memiliki komorbid sampai ada juga penyintas Covid-19," terang dia.

Hingga kini, Dinkes Yogyakarta mencatat ada sekitar 10.210 warga yang belum mendapat vaksin. Jumlah itu tersebar di beberapa wilayah Kota Jogja termasuk tiga kemantren itu.

"Jumlah tersebut menjadi fokus kami terlebih dahulu untuk segera mencapai target herd immunity," terang Emma.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta, Tri Kirana Muslidatun menyebut bahwa lebih kurang sekitar 5 ribu warga di tiga kemantren tersebut yang belum tervaksin.

"Sebelumnya sekitar 14 ribu warga yang belum tervaksin. Lalu kami kejar lagi sampai hari ini (Senin) mungkin tinggal 5 ribuan warga yang belum (vaksin) di Kemantren itu," ujar dia.

Baca Juga: Bupati Bantul Optimistis Akhir Oktober Cakupan Vaksinasi Covid-19 Sudah 80 Persen

Sementara 11 Kemantren lainnya terakumulasi sebanyak 5 ribu warga yang belum divaksin.

Terpisah, Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti berharap di akhir penyelesaian vaksinasi ini bisa berjalan lancar. Sehingga pada saat ulang tahun Kota Jogja pada 7 Oktober nanti semua warga di Jogja sudah tervaksin.

"Sudah 90 persen (warga Jogja) tervaksin. Saya optimistis 7 Oktober nanti semua wilayah kelurahan dan kemantren sudah tuntas vaksin. Maka dari itu, tiap kelurahan melalui camatnya bisa mendorong penyelesaian vaksin ini," ujar dia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait