alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

8 Wisata Pantai di Jogja: Parangtritis Hingga Jungwok

Pebriansyah Ariefana Senin, 11 Oktober 2021 | 08:25 WIB

8 Wisata Pantai di Jogja: Parangtritis Hingga Jungwok
Sejumlah wisatawan bermain air di Pantai Parangtritis, Kretek, Bantul, Selasa (25/5/2021). [Muhammad Ilham Baktora / SuaraJogja.id]

Pantai di Yogyakarta terbilang sangat banyak. Dukungan pemerintah daerah maupun provinsi, ditambah sumber daya manusia yang berkualitas.

SuaraJogja.id - Keindahan pantai di Jogja menjadi daya tarik wisatawan dari luar kota untuk berlibur. Ada pantai di Jogja yang cocok untuk sunset atau sunrise. Ada pula pantai dengan pasir hitam atau pasir putih.

Pantai di Yogyakarta terbilang sangat banyak. Dukungan pemerintah daerah maupun provinsi, ditambah sumber daya manusia yang berkualitas, membuat banyak pantai yang awalnya tak terjamah, berhasil dikelola menjadi tempat wisata.

Parangtritis menjadi pantai yang sudah terkenal seantero Nusantara. Garis pantai yang panjang membuat Parangtritis sangat digemari. Setelah Parangtritis menjadi gerbang pembuka, munculah serbuan dari pantai-pantai indah di Gunung Kidul.

Berikut ini delapan pantai di Yogyakarta yang bisa jadi pilihan ketika berlibur bersama kawan maupun keluarga. Setiap pantai memiliki keunggulan dan karakter yang berbeda.

Baca Juga: Ditinggal Layani Pembeli, Sebagian kamar Rumah Makan di Jogja Hangus Terbakar

1. Pantai Parangtritis

Petugas Satpol PP menertibkan pedagang di sepanjang Pantai Selatan, Kamis (20/5/2021). - (SuaraJogja.id/Mutiara Rizka)
Petugas Satpol PP menertibkan pedagang di sepanjang Pantai Selatan, Kamis (20/5/2021). - (SuaraJogja.id/Mutiara Rizka)

Parangtritis kerap jadi paket wisata di Jogja karena lokasinya yang cukup dekat. Dari pusat Kota Jogja, pantai yang ada di Kabupaten Bantul ini hanya berjarak sekitar 27 kilometer.

Parangtritis sudah diserbu para wisatawan sejak pagi hari. Namun, bila ingin menikmati sunset yang cantik, pengunjung bisa datang pada sore hari. Peristiwa matahari tenggelam bisa disaksikan dengan jelas, tanpa terhalang apapun.

Keberadaan bendi atau kereta kuda menambah nilai jual dari Parangtritis. Para pengunjung bisa menaiki bendi-bendi tersebut untuk menyusuri garis pantai Parangtritis.

Kuda-kuda yang menarik kereta itu sudah terbiasa dengan air laut. Bahkan, mereka tak takut ketika ombak-ombak kecil datang. Kuda tersebut tetap berjalan dengan tenang.

Baca Juga: Segera Kuliah Tatap Muka, UGM Siapkan Vaksin Bagi Mahasiswa Luar Kota yang Belum Kebagian

2. Pantai Depok

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait