alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tugas PPKI, Lengkap dengan Isi Sidang Mewujudkan Kemerdekaan Indonesia

Pebriansyah Ariefana Kamis, 11 November 2021 | 09:43 WIB

Tugas PPKI, Lengkap dengan Isi Sidang Mewujudkan Kemerdekaan Indonesia
Soekarno mengemukakan Pancasila saat Sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). (Kemendikbud.go.id)

PPKI adalah Panitia persiapan kemerdekaan Indonesia atau disebut juga Dokuritsu Junbi Inkai didirikan guna melanjutkan hasil kerja BPUPKI, mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

SuaraJogja.id - Usai BPUPKI menuntaskan tugasnya pada 7 agustus 1945, perjuangan kemerdekaan dilanjutkan oleh PPKI. Apa tugas PPKI setelah itu?

PPKI adalah Panitia persiapan kemerdekaan Indonesia atau disebut juga Dokuritsu Junbi Inkai didirikan guna melanjutkan hasil kerja BPUPKI, mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Simak perjuangan PPKI mewujudkan kemedekaan Indonesia.

PPKI berdiri pada 9 agustus 1945 dan diresmikan langsung oleh Jenderal Terauchi di Kota Ho Chi Minh, Vietnam. Peresmian dihadiri oleh Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan Dr. Radjiman Wedyodiningrat. Anggota berjumlah 21 orang, tanpa diketahui Jepang ada 6 anggota tambahan.

Tujuan dibentuknya PPKI tentunya untuk mempersiapkan kemerdekaan. Adapun tugas PPKI yaitu:

Baca Juga: Penting! Tugas BPUPKI dalam Persiapan Kemerdekaan

1. Mempersiapkan kemerdekaan Indonesia

Banyak hal yang perlu dipersiapkan Indonesia dalam menyambut kemerdekaan. Mulai dari waktu, tempat, dan penyusun struktur negara Indonesia.

2. Mengesahkan Undang-Undang Dasar

PPKI bertugas mengesahkan rancangan UUD yang dibuat BPUPKI sebagai dasar negara. Sebagai landasan dan memperkokoh dasar konstitusi negara.

3. Memilih dan mengangkat presiden

Baca Juga: 5 Bandara Internasional di Indonesia yang Punya Arsitektur Megah dan Fasilitas Lengkap

Dalam negara dibutuhkan pemimpin yang mampu menjalankan roda kehidupan negara. Untuk itu dipilihlah Ir. Soekarno dan Moh. Hatta sebagai presiden dan wakil presiden Indonesia.

4. Membentuk Komite Nasional

Dibentuknya komite nasional untuk membantu presiden dan wakil presiden menjalankan tugas pemerintahan. Sebelum dibentuknya MPR dan DPR.

Sebelum menuju kemerdekaan Indonesia terjadi peristiwa rengasdengklok. Penculikan oleh golongan muda seperti Adam Malik dan Chaerul Shaleh dengan tujuan untuk mengamankan tetua agar tidak dipengaruhi Jepang.

Terjadi negosiasi alot antar golongan. Hingga akhirnya Jusuf Kunto dan Achmad Soebardjo berhasil menjemput Ir. Soekarno, Moh. Hatta, Fatmawati, dan Guntur pada 16 agustus 1945. Setelah itu seluruh anggota memaksimalkan persiapan kemerdekaan esok hari.

Mulai dari penyusunan teks proklamsi yang diketik oleh Sayuti Melik hingga pembuatan bendera merah putih oleh Fatmawati. Akhirnya pada 17 agustus 1945 Ir. Soekarno memproklamasikan kemerdekaan di Pegangsaan Timur No.56.

Setelah itu PPKI langsung bersidang selama 3 hari hari berturut-turut. Dari tanggal 18 sampai 20 agustus 1945. Berikut rincian hasil sidang PPKI.

Isi sidang pertama 18 agustus1945

  1. Mengesahkan UUD 1945
  2. Mengganti sila pertama dari "Ketuhanan dengan kewajiaban menjalankan syariat islam bagi pemeluk-pemeluknya" menjadi "Ketuhanan Yang Maha Esa".
  3. Menetapkan Presiden dan Wakil Presiden.
  4. Membentuk Komite Nasional.

Sidang kedua 19 agustus 1945

Isi Sidang kedua 19 agustus 1945

  1. Membagi Indonesia mebajdi 8 provinsi yaitu Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sunda Kecil, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan
  2. Memilih 12 menteri dalam kabinet pertama RI.
  3. Membentuk komite nasional daerah
  4. Membentuk Tentara Rakyat Indonesia dari PETA dan HEIHO.
  5. Memasukan kepolisian dalan daftar departemen dalam negeri.

Sidang ketiga 20 agustus 1945

  1. Membentuk PNI (Partai Nasional Indonesia).
  2. Membentuk BKR (Badan Keamanan Rakyat).

Demikian ulasan tentang tugas PPKI dan hasil sidang PPKI dalam kemerdekaan Indonesia.

Kontributor : Cahya Hanifah

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait