alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jadi Sumber Energi, Ini Fungsi Karbohidrat untuk Kesehatan Tubuh

Dinar Surya Oktarini Jum'at, 26 November 2021 | 11:49 WIB

Jadi Sumber Energi, Ini Fungsi Karbohidrat untuk Kesehatan Tubuh
Ilustrasi nasi putih/ fungsi karbohidrat. (Pixabay)

Ternyata banyak banget fungsi karbohidrat yang harus kamu ketahui.

SuaraJogja.id - Sering dianggap meningkatkan berat badan, kandungan makanan karbohidrat kerap kali dihindari beberapa orang yang ingin diet. Padahal fungsi karbohidrat sendiri sangat penting untuk tubuh. 

Kandungan karbohidrat ini merupakan salah satu nutrisi harian yang penting. 

Padahal, jika mengonsumsinya dengan porsi yang tepat dan jenis yang sesuai, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat dari karbohidrat. Nah, berikut ini 5 fungsi karbohidrat berikut ini. 

Ilustrasi Kentang Rebus (freepik)
Ilustrasi Kentang Rebus/fungsi karbohidrat (freepik)

1. Sebagai Sumber dan Cadangan Energi

Baca Juga: Benarkah Porsi Santapan Menjadi Faktor Pemicu Kantuk setelah Makan? Ini Kata Peneliti

Karbohidrat menjadi sumber energi bagi tubuh, sehingga tubuh bisa lebih bersemangat dalam menjalani berbagai aktivitas. Tak hanya itu, kandungan tersebut juga mampu menyimpan sisa energi dari glukosa menjadi glikogen.

Cadangan ini terdapat pada hati dan juga otot yang dapat menyebarkan energi ke seluruh tubuh serta mengatur kadar gula darah agar tetap normal. fungsi lain dari karbohidrat juga digunakan saat latihan intensitas tinggi dalam waktu yang tidak sebentar.

Namun, jangan sampai berlebihan mengonsumsi karbohidrat. Pasalnya, jika glukosa dan glikogen sudah penuh, keduanya akan berubah menjadi lemak.

2. Memelihara Massa Otot

Ketika kadar glukosa habis, kamu tetap dapat menggunakan otot dengan baik karena masih memiliki sisa cadangan. Namun, jika sudah tak ada lagi, energi akan diperoleh dari protein.

Baca Juga: Jangan Sampai Dilewatkan, Ini 5 Manfaat Karbohidrat bagi Kesehatan

Buruknya, protein akan mengubah massa otot, sehingga berisiko tinggi bagi kesehatan, termasuk dapat memicu kematian. Untuk itu, mengonsumsi karbohidrat secara rutin lebih dianjurkan untuk memelihara bentuk otot.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait