alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Fungsi Rongga Hidung: Pernapasan dan Penghidu

Pebriansyah Ariefana Rabu, 01 Desember 2021 | 13:37 WIB

Fungsi Rongga Hidung: Pernapasan dan Penghidu
Rongga Hidung (eprints.undip.ac.id)

Secara umum fungsi hidung selain jalan nafas, juga mengatur kondisi udara.

SuaraJogja.id - Bagian hidung yang kelihatan secara kasat mata adalah rongga. Rongga hidung ini dibentuk mempunyai 4 buah dinding, yaitu dinding medial, lateral, inferior, dan superior. Dalam hal ini dibahas rongga hidung atas dinding lateral dan dinding medial, beserta perdaragan dan persarafannya. Lalu apa fungsi rongga hidung?

Dalam makalah di eprints.undip.ac.id, dijelaskan jika rongga hidung ini berfungsi untuk pernapasan dan penghidu.

Secara umum fungsi hidung selain jalan nafas, juga mengatur kondisi udara. Fungsi ini diperlukan untuk mempersiapkan udara yang akan masuk ke dalam alveolus. Di antaranya mengatur kelembapan udara dan mengatur suhu.

Sebagai penyaring atau pelindung, hidung juga berfungsi untuk membersihkan udara dari bakteri. Debu dan bakteri akan melekat pada palut lendir dan partikel – partikel yang besar akan dikeluarkan dengan refleks bersin.

Baca Juga: 7 Fungsi Hidung yang Penting untuk Kehidupan, Salah Satunya untuk Bernyanyi dan Bicara

Palut lendir akan dialirkan ke nasofaring oleh gerakan silia.

Hidung juga sebagai indra penghidu. Partikel bau dapat mencapai daerah ini dengan cara difusi dengan palut lendir atau bila menarik nafas dengan kuat.

Hal lain, hidung juga sebagai resonansi suara yang akan memberikan kualitas suara yang bagus saat bicara atau juga bernyanyi. Hidung ini juga bisa membantu proses pembentukan kata dengan konsonan nasal (m,n,ng) dimana rongga mulut tertutup dan rongga hidung terbuka, palatum molle turun untuk aliran udara.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait