facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ini Fungsi Kemasan Pada Sebuah Produk

Pebriansyah Ariefana Senin, 06 Desember 2021 | 16:50 WIB

Ini Fungsi Kemasan Pada Sebuah Produk
ILUSTRASI produk santan dalam kemasan [tangkap layar Zoom]

Kemasan pada produk sering digunakan ternyata memiliki fungsi agar produk terlindungi dan mudah dibawa kemana saja.

SuaraJogja.id - Apa Fungsi Kemasan pada sebuah produk? Kemasan pada produk sering digunakan ternyata memiliki fungsi agar produk terlindungi dan mudah dibawa kemana saja.

Dengan adanya kemasan pada sebuah produk, tentunya akan lebih mudah disimpan, serta didistribusikan untuk dipasarkan.

Selain itu, fungsi kemasan tidak hanya berguna untuk melindungi produk, tapi juga berfungsi sebagai alat pemasaran dan juga membangun identitas brand serta meningkatkan penjualan.

Dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), pengertian kemasan produk adalah suatu bungkus pelindung yang ada pada suatu produk barang yang berasal dari hasil aktivitas.

Baca Juga: Polemik Produk Vape dan Rokok, Mana Lebih Baik?

Untuk mengetahui lebih jelasnya tentang fungsi kemasan sebuah produk, simak ulasan berikut ini.

1. Fungsi Protektif

Fungsi kemasan protektif berhubungan dengan proteksi produk, perbedaan iklim, prasarana transportasi dan saluran distribusi yang semua berimbas pada pengemasan. Karena dengan pengemasan yang protektif, para konsumen tak perlu menanggung resiko pembelian prodik rusak atau cata. Mereka pasti akan membeli kembali produk yang ditawarkan karena puas dan sesuai ekspetasi. Selain itu, kemasan juga dapat mencegah terjadinya kehancuran, busuk atau kehilangan melalui pencurian atau kesahalan penempatan.

2. Fungsi Promosional

Tak hanya sebagai pelindung produk, kemasan juga digunakan sebagai sarana promosional. Bisa dipertimbangkan preferensi konsumen untuk hal warna, ukuran , dan penampilan dari kemasan produk, sehingga konsumen lebih tertarik dan penjualan menarik.

Baca Juga: Dampak Perilaku Konsumtif pada Barang Impor terhadap Nilai Kurs Rupiah, Apakah Bahaya?

Initinya, kemasan ini mampu memberikan cara, agar menarik perhatian kepada sebuah produk dan memperkuat citra produk serta mengkomunikasikan manfaat dan tujuan dari produk yang ditawarkan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait