alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jadi Tulang Penyusun Rangka, Apa Fungsi Tulang Hasta?

Dinar Surya Oktarini Selasa, 07 Desember 2021 | 11:29 WIB

Jadi Tulang Penyusun Rangka, Apa Fungsi Tulang Hasta?
Ilustrasi kesemutan, pegal, nyeri pergelangan tangan, rematik./ Apa itu fungsi tulang hasta. (Shutterstock)

Berikut ini penjelasan apa fungsi tulang hasta.

SuaraJogja.id - Rangka tubuh manusia tersusun dari 206 potong tulang yang saling berhubungan, dimana tulang-tulang tersebut memiliki nama serta fungsinya masing-masing. Salah satunya tulang penyusun rangka adalah tulang hasta, apa fungsi tulang hasta yang paling utama? Yuk simak.

Tulang hasta disebut juga dengan tulang lengan karena letaknya tepat di bagian bawah lengan yang mebantu pergerakan pada tangan. 

Tulang merupakan organ dengan struktur keras dan kaku yang membentuk kerangka manusia serta menopang tubuh manusia. Dengan adanya pembentukan tulang berfungsi untuk melindungi organ vital yang rapuh. Selain membentuk rangka, tulang juga berfungsi sebagai alat gerak tubuh. 

Apa Fungsi Tulang Hasta?

Baca Juga: Deretan Fungsi Tulang Hasta yang Perlu Kamu Pahami

Ilustrasi tulang. (Pixabay/Ulleo)
Ilustrasi tulang. (Pixabay/Ulleo)

Fungsi utama dari tulang hasta adalah membantu rotasi. Rotasi memungkinkan fungsi maksimal dari pergelangan tangan dan tangan karena memudahkan dalam gerak. Salah satu gerakan sendi siku adalah fleksi dan ekstensi atau lebih dikenal dengan menekuk dan meluruskan lengan.

Karena keterbatasan ini, lengan bawah memungkinkan peningkatan gerakan pergelangan tangan dan tangan tanpa menjamin gerakan apa pun dari sendi siku. Dengan kerjasama tersebut memudahkan manusia untuk melakukan aktivitas sehari-hari seperti menulis, membuka pintu, mengangkat suatu benda, dan lain sebagainya. 

Fungsi kedua dari tulang hasta adalah sebagai tempat melekatnya otot, dimana jaringan otot ini berfungsi sebagai aat gerak aktif, sehingga hal ini yang menyebabkan kamu bisa melakukan aktivitas sehari-hari seperti yang telah disebutkan di atas.

Selanjutnya tulang hasta juga berfungsi untuk membentuk humerus dan juga sendi siku. Dimana sendi-sendi ini berperang penting dalam flexing dan extending  selain itu juga melakukan pronasi dan supinasi di bagian lengan.

Pada bagian tulang hasta juga dijadikan sebagai tempat untuk mrnyimpan asupan mineral yang kemudian dapat menghasilkan sel-sel darah merah yang dikenal dengan sumsum. Kemudian air mineral yang disimpan dapat menghubungkan ligamen vital ke bagian otot-otot lainnya di dalam tubuh.

Baca Juga: Fungsi Tulang Hasta untuk Lengan Manusia, Salah Satunya untuk Perputaran Lengan

Itulah tadi bagian-bagian serta pengertian mengenai apa itu fungsi tulang hasta. 

Kontributor : Kiki Oktaliani

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait