alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Fungsi Tulang Hasta untuk Lengan Manusia, Salah Satunya untuk Perputaran Lengan

Dinar Surya Oktarini Jum'at, 26 November 2021 | 11:23 WIB

Fungsi Tulang Hasta untuk Lengan Manusia, Salah Satunya untuk Perputaran Lengan
Ilustrasi Tulang Kuat/fungsi tulang. (shutterstock)

Yuk simak beberapa fungsi tulang hasta berikut ini.

SuaraJogja.id - Salah satu fungsi tulang hasta untuk adalah menyusun struktur lengan bawah. Namun tidak hanya itu ada beberapa fungsi lainnya. 

Tulang hasta sendiri berada di lengan bagian bawah, berdampingan dengan tulang yang disebut pengumpil. Posisi keduanya berlawanan namun saling terhubung.

Kesehatan dan kestabilan fungsi tulang hasta harus senantiasa dijaga, agar nantinya tidak terjadi gangguan dalam aktivitas Anda. Apa saja fungsi tulang hasta untuk lengan manusia? Simak penjelasannya berikut ini. Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Ilustrasi kesemutan, pegal, nyeri pergelangan tangan, rematik. (Shutterstock)
Ilustrasi kesemutan, pegal, nyeri pergelangan tangan, rematik/ Fungsi tulang. (Shutterstock)

Fungsi Tulang Hasta untuk lengan manusia

Baca Juga: Tulang Hasta Fungsinya untuk Apa? Berikut Jawabannya

1. Pembentukan Struktur Lengan

Lengan manusia memiliki dua bagian besar, yakni lengan atas dan lengan bawah. Tulang hasta sendiri membantu membentuk lengan bawah, bersama dengan tulang pengumpil. Adanya kerjasama kedua tulang ini akan membentuk struktur lengan bawah.

Sehingga ketika keduanya bekerja dengan optimal, gerakan lengan bawah akan efektif dan tidak terganggu demikian pula sebaliknya.

2. Perputaran Lengan

Selain itu, fungsi tulang hasta adalah untuk perputaran di pergelangan tangan. Bagian ini paling sering bergerak untuk memindahkan barang, menulis, mengetik dan melakukan kegiatan lainnya. Kegiatan tersebut didukung setidaknya tiga jenis tulang yang ada di lengan bawah.

Baca Juga: 3 Fungsi Tulang Pergelangan Tangan

Tiga tulang yang bekerja sama adalah tulang pengumpil, tulang hasta, dan tulang karpal. Ketika salah satu dari ketiga tulang ini terganggu, maka gerakan pergelangan tangan tak akan bisa efisien. Sesederhana membuka pintu atau memegang gagang pintu, tak akan berjalan dengan baik dan menjadi kurang nyaman.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait