alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pemerhati Penerbangan Menilai Bandara YIA Sepi, Kereta Bandara Justru Ramai

Eleonora PEW | Rahmat jiwandono Selasa, 07 Desember 2021 | 15:48 WIB

Pemerhati Penerbangan Menilai Bandara YIA Sepi, Kereta Bandara Justru Ramai
Suasana pick up zone di Yogyakarta International Airport atau Bandara YIA, yang tampak lengang, Minggu (13/9/2020), menjelang PSBB Jakarta - (SuaraJogja.id/Hiskia Andika)

Ada 46.439 penumpang yang menggunakan fasilitas KA Bandara.

SuaraJogja.id - Pemerhati penerbangan Alvin Lie menyatakan, Yogyakarta International Airport, atau Bandara YIA, sepi penumpang walau sudah memiliki kereta api (KA) yang menuju ke bandara. Dia beranggapan bahwa kehadiran KA Bandara tersebut cuma menguntungkan pekerja bandara.

Kendati demikian, menurut catatan Daerah Operasional (Daop) 6 Yogyakarta ada 46.439 penumpang yang menggunakan fasilitas KA Bandara. Jumlah itu sejak 1 November 2021 sampai 6 Desember 2021.

"Artinya dalam satu hari kira-kira ada 1.200 orang yang naik KA Bandara," jelas Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Supriyanto kepada SuaraJogja.id, Selasa (7/12/2021).

Supriyanto mengatakan, Bandara YIA dinilai sepi lantaran jumlah pesawatnya sedikit. Sementara, orang yang menggunakan KA Bandara belum tentu akan naik pesawat.

Baca Juga: 7 Fakta Kasus Siskaeee yang Pamer Payudara di Bandara YIA, Terancam 12 Tahun Penjara

"Yang naik kereta bandara belum tentu naik pesawat. Misal ada satu orang mau naik pesawat tapi yang mengantar lima orang," tuturnya.

Selain itu harga tiket KA Bandara yang hanya dibanderol Rp20.ooo per orang juga jadi faktor banyaknya orang yang naik kereta. Harga tiket KA Bandara dengan tujuan Stasiun Wates pun Rp10.000 per orang.

"Jadi karena harga tiketnya murah bisa saja ke sana tujuannya mau mengantar atau turun di Stasiun Wates," katanya.

Terlebih, semenjak ada spot wisata bandara YIA menjadikan orang yang menggunakan kereta bandara semakin banyak.

"Di sana juga bisa piknik karena ada wisata kawasan seperti malioboro. Jadi orang naik ka bandara belum tentu mau naik pesawat."

Baca Juga: Video Detik-detik Polisi Menggeledah Indekos Siskaeee Tersangka Video Porno Bandara YIA

"Bisa juga mau jemput keluarganya, jadi kan hitungannya pulang pergi naik kereta bandara," imbuhnya.

KA Bandara juga diminati mengingat pertimbangan jarak yang cukup jauh dari Kota Jogja bila ditempuh naik mobil atau motor atau ojek online.

"Penumpang mungkin berpikir ongkosnya mahal jadi mending naik kereta saja. Untuk naik kereta tidak harus punya tiket pesawat dan tidak ada harus swab antigen," katanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait