alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pemkot Jogja Kejar Herd Immunity di Akhir Tahun, Segini Capaian Vaksinasi Tiap Dosisnya

Galih Priatmojo | Muhammad Ilham Baktora Kamis, 09 Desember 2021 | 15:21 WIB

Pemkot Jogja Kejar Herd Immunity di Akhir Tahun, Segini Capaian Vaksinasi Tiap Dosisnya
Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi memberi keterangan pada wartawan di Ruang Sadewa, Balai Kota Yogyakarta, Selasa (7/12/2021). - (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)

Heroe Poerwadi menjelaskan bahwa capaian vaksin dosis pertama dan kedua melebihi dari target untuk warga Jogja.

SuaraJogja.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta optimistis mencapai herd immunity pada Desember 2021 setelah vaksinasi yang dilakukan pihaknya selama ini. Pemkot sudah mendistribusikan vaksin ke 1,1 juta penduduk Jogja dan juga domisili di DIY.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menjelaskan bahwa capaian vaksin dosis pertama dan kedua melebihi dari target untuk warga Jogja.

Ia membeberkan untuk dosis pertama Pemkot telah menyuntikkan vaksin ke-603.149 orang per 6 Desember 2021. Sementara untuk dosis kedua sudah terdistribusi ke-567.293 orang. Target total Pemkot sendiri adalah 296.420 orang yang merupakan warga asal Jogja.

"Jadi semuanya kan berharap herd immunity se-Jawa dan Bali ini bisa dicapai. Sehingga vaksinasi itu tetap kita lakukan meski angka kasus Covid-19 di Jogja terus menurun," kata Heroe kepada wartawan, Kamis (9/12/2021).

Baca Juga: Banjir Lahar Dingin Merapi Berpotensi ke Kota Jogja, EWS Dioptimalkan di 16 Titik Sungai

Ia mengatakan awal tahun 2022 mendatang warga Jogja sudah mencapai herd immunity. Sehingga aktivitas di tengah masyarakat bisa terhindar dari covid.

"Meski muncul Covid-19 varian baru ini, warga yang sudah divaksin bisa lebih terjaga, tapi harus diimbangi juga dengan protokol kesehatannya.

Pihaknya menerangkan untuk capaian vaksinasi lansia dosis pertama adalah 121 persen, sementara dosis 2 sebanyak 113 persen.

Vaksinasi petugas layanan umum di Jogja untuk dosis 1 mencapai 528 persen. Dan dosis kedua 508 persen.

Masyarakat rentan yang telah divaksin di dosis 1 sebanyak 155 persen dan dosis 2 sebanyak 140 persen.

Baca Juga: Rekomendasi 12 Tempat Wisata di Jogja Paling Terkenal, Spot Foto Terbaik

Vaksinasi untuk dosis 3 atau booster juga telah dilaksanakan. Namun khusus untuk tenaga kesehatan (nakes) dan juga relawan yang sebelumnya melakukan pemulasaran jenazah.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait