facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

WADA Izinkan Merah Putih Berkibar, Menpora Minta Pelanggaran Tak Diulang

Eleonora PEW Minggu, 23 Januari 2022 | 21:29 WIB

WADA Izinkan Merah Putih Berkibar, Menpora Minta Pelanggaran Tak Diulang
Menpora RI Zainuddin Amali saat dikonfirmasi terkait sanksi WADA di Yogyakarta, Minggu (23/01/2022) malam. - (Kontributor SuaraJogja.id/Putu Ayu Palupi)

Zainuddin menyebutkan, pihaknya sudah mendapatkan konfirmasi dari WADA terkait berakhirnya sanksi yang diterima.

SuaraJogja.id - World Anti-Doping Agency (WADA) akhirnya mengizinkan bendera Merah Putih berkibar lagi di ajang olahraga internasional mulai Februari 2022 mendatang. Izin diberikan setelah Indonesia diberi sanksi lewat Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) karena dianggap melanggar peraturan dari WADA.

Mengetahui hal ini, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainuddin Amali pun menyampaikan komentarnya. Zainuddin menyebutkan, pihaknya sudah mendapatkan konfirmasi dari WADA terkait berakhirnya sanksi yang diterima. Indonesia diminta dikeluarkan dari daftar negara yang mendapatkan sanksi organisasi tersebut.

"Tinggal menunggu saja rapat lengkapnya mereka [WADA]," ujar Zainuddin saat ditemui di Yogyakarta, Minggu (23/1/2022) malam.

Politikus Partai Golkar tersebut menambahkan, dengan diizinkannya Merah Putih berkibar, maka ke depan Indonesia diharapkan tidak lagi melakukan pelanggaran aturan. Apalagi WADA meminta LADI menjadi organisasi yang independen dan tidak ada campur tangan pemerintah.

Baca Juga: Merah Putih Kembali Berkibar di Ajang Internasional, Kurniawan Dwi Yulianto: Alhamdulillah

"LADI diminta juga mematuhi semua aturan yang ditetapkan WADA," ujarnya.

Sebelumnya WADA menetapkan sanksi larangan pengibaran bendera Merah Putih di ajang olahraga internasional. Indonesia juga tidak diizinkan menggelar ajang olahraga internasional.

Awalnya sanksi ditetapkan selama setahun hingga Oktober 2022. Meski sanksi belum dicabut, WADA akhirnya mengijinkan Indonesia mengibarkan bendera Merah Putih di ajang internasional secara lebih cepat.

Indonesia dianggap menyelesaikan beberapa persyaratan yang sebelumnya diminta WADA. Diantaranya masalah administrasi dan teknis terkait sampel doping atlet.

Kontributor : Putu Ayu Palupi

Baca Juga: Top 5 Sport: Tatap MotoGP 2022, Marc Marquez Lahap Trek Portimao

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait