facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Psikolog Sarankan Orang Tua Proses Trauma Masa Lalu demi Tekan Dampaknya ke Pola Asuh Anak

Eleonora PEW Rabu, 26 Januari 2022 | 14:59 WIB

Psikolog Sarankan Orang Tua Proses Trauma Masa Lalu demi Tekan Dampaknya ke Pola Asuh Anak
Ilustrasi keluarga (pexels/Elina Fairytale).

Adriana menjelaskan, terdapat beberapa jenis trauma yang dialami oleh manusia, khususnya ketika berumah tangga.

SuaraJogja.id - Trauma masa lalu orang tua memiliki pengaruh cukup signifikan terhadap pola asuh anak, termasuk trauma yang didapat di masa kecil mereka. Untuk itu, psikolog menyarankan para orang tua untuk memproses trauma mereka demi menekan dampaknya terhadap anak mereka.

Psikolog dan konselor pernikahan Adriana Soekandar Ginanjar mengatakan, belum semua orang tua menerapkan pola asuh yang cukup baik untuk tumbuh kembang si kecil di rumah, di antaranya seperti pola asuh dengan kekerasan, baik itu secara verbal maupun nonverbal serta banyak terjadi konflik antarorang tua di depan anak.

"Sering kali hal ini tidak disadari dapat menimbulkan kecemasan dan trauma yang terdalam bagi sang anak," ujar Adriana sebagaimana dikutip siaran resmi Tentang Anak pada Rabu.

Adriana menjelaskan, terdapat beberapa jenis trauma yang dialami oleh manusia, khususnya ketika berumah tangga. Trauma-trauma ini harus dikenali lebih awal agar ke depannya orang tua dapat memproses trauma menjadi bentuk emosi yang baik.

Baca Juga: 5 Hal Ini akan Membantumu Menghadapi Orang Tua Bercerai

"Ketika dapat memproses emosi, tentunya akan membawa dampak yang lebih baik ke sekitar atau keluarga terdekat," kata Adriana.

Setidaknya terdapat tiga jenis trauma dalam berumah tangga, yakni trauma akut, trauma kronis, dan trauma kompleks.

Trauma akut terjadi satu kali, tetapi secara intens, seperti adanya perceraian, bencana alam, pelecehan seksual yang terjadi di masa lampau atau masa kecil.

Trauma kronis terjadi berulang kali dalam jangka waktu yang panjang seperti mendapatkan kekerasan dari orang tua atau orang sekitar, perundungan, melihat kekerasan dan konflik orang tua.

Sementara trauma kompleks merupakan kejadian yang beragam terdiri dari kejadian traumatis yang berbeda-beda.

Baca Juga: Awasi Anak saat Berada Di 5 Tempat Ini, Jangan Lengah!

Jika tidak diperbaiki, trauma di masa lampau ini dapat terus menghantui kehidupan sehari-hari para orang tua bahkan dapat berdampak pada pola asuh ke anak saat ini.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait