facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pengertian, Ciri-ciri dan Contoh Hewan Ovovivipar

Pebriansyah Ariefana Kamis, 27 Januari 2022 | 18:10 WIB

Pengertian, Ciri-ciri dan Contoh Hewan Ovovivipar
Ilustrasi ular putih (Unsplash)

Hewan Ovovivipar merupakan hewan yang berkembangbiak dengan dua cara sekaligus, yakni bertelur dan beranak. Namanya merupakan gabungan ovipar dan vivipar.

SuaraJogja.id - Hewan bisa digolongkan dalam tiga jenis berdasarkan cara berkembang biak. Hewan Ovovivipar masuk dalam kategori hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan melahirkan.

Hewan bisa berkembang biak dengan tiga cara yang berbeda. Hewan ovipar berarti hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur. Lalu hewan vivipar berkembang biak dengan cara beranak atau melahirkan

Ada lagi jenis hewan ovovivipar. Jenis hewan inilah yang akan dibahas dalam artikel ini. Hewan ini berkembang biak dengan dua cara sekaligus, yakni bertelur dan melahirkan.

Apa saja yang perlu diketahui dari hewan Ovovivipar? Simak ulasan berikut ini. 

Baca Juga: Pengertian Hewan Ovovivipar, Lengkap dengan Ciri-cirinya

Pembuahan Hewan Ovovivipar

Hewan yang berkembang biak dengan cara ovovivipar terjadi di dalam tubuh hewan betina. Setelah terjadi pembuahan, zigot akan terbentuk. Zigot ini tumbuh menjadi embrio di dalam telur. 

Mengutip dari buku Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang diterbitkan Yudhistira Ghalia Indonesia, zigot ini memperoleh makanan dari cadangan makanan yang ada di dalam telur. 

Setelah zigot berkembang menjadi embrio yang tumbuh sempurna di dalam telur, induk betina akan melahirkannya.

Ciri-ciri Hewan Ovovivipar

Baca Juga: Apa itu Ovovivipar? Ini Pengertian, Ciri ciri, dan Contoh Hewan Ovovivipar

Hewan Ovovivipar memiliki ciri khusus yang tak dimiliki hewan vivipar dan hewan ovipar. Berikut ini tiga cirinya, yang dikutip dari buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD/MI kelas VI: 

1. Menghasilkan telur yang dipelihara di dalam tubuh induk sampai menetas2. Janin mendapatkan makanan dari cadangan makanan di dalam telur3. Melahirkan janin yang menetas di dalam tubuh induk

Contoh Hewan Ovovivipar

Ada beberapa hewan yang tergolong dalam jenis ovovivipar. Hewan itu ada yang hidup di darat maupun di air. Berikut ini jenis-jenisnya: 

  1. Ikan Hiu Macan
  2. Ikan Pari
  3. Kuda Laut
  4. Ular Sanca
  5. Ular Piton
  6. Kadal
  7. Kalajengking
  8. Platipus

Dari delapan hewan yang masuk tergolong ovovivipar, Platipus memiliki kekhususan. Platipus merupakan mamalia ovovivipar yang dapat menyusui anaknya.

Demikian pembahasan mengenai jenis hewan ovovivipar. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan tentang hewan.

Kontributor : Lukman Hakim

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait