facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pengertian Hewan Ovovivipar, Lengkap dengan Ciri-cirinya

Pebriansyah Ariefana Selasa, 25 Januari 2022 | 14:46 WIB

Pengertian Hewan Ovovivipar, Lengkap dengan Ciri-cirinya
Seekor buaya muara (crocodylus porosus) berada disekitar sarangnya yang berisikan telur yang berdekan dengan permukiman warga di Ujung Labung, Nagari Tiku Lima Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Jumat (24/1). [ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi]

Hewan ovovivipar merupakan salah satu jenis hewan yang dapat bertahan dan akan mudah berkembang biak pada pertumbuhan dengan cara perkembangan teratur.

SuaraJogja.id - Berikut ini pengertian hewan Ovovivipar dan ciri-ciri hewan Ovovivipar. Hewan ovovivipar merupakan salah satu jenis hewan yang dapat bertahan dan akan mudah berkembang biak pada pertumbuhan dengan cara perkembangan teratur.

Ovovivipar yaitu salah satu dasar dengan sistem pengembang biakan terhadap hewan dan dapat berkembang biak dengan cara bertelur dan melahirkan sehingga hal ini termasuk dalam poros yang terletak pada hewan yang mudah berkembang biak.

Hewan ovovivipar diartikan sebagai proses reproduksi hewan dengan 2 cara  yaitu ovipar (bertelur) dan vivipar (beranak).

Hewan ini disebut juga sebagai hewan berkembang dalam telur dan berada di tubuh induknya sampai telur tersebut menetas dengan cara individu, akan tetapi hal ini juga sebagai golongan spesies jenis embrio.

Baca Juga: Apa itu Ovovivipar? Ini Pengertian, Ciri ciri, dan Contoh Hewan Ovovivipar

Proses saat pembuahan akan membentuk zigot kemudian zigot berkembang menjadi embrio yang akan berkembang dalam telur.

Proses ini bisa disebut dengan proses kehamilan.

Lalu telur tersebut akan terus berada dalam tubuh induknya sampai menetas, setelah menetas barulah akan dikeluarkan dari tubuh induknya.

Sudahkah kalian tau apa ciri-ciri hewan ovovivipar?

Yuk simak penjelasan ciri-ciri hewan ovovivipar di bawah ini .

Baca Juga: 5 Contoh Hewan Ovovivipar, Apa Saja?

Berikut beberapa ciri ciri hewan ovovivipar yang harus kalian ketahui. 

~ Pembuahan terjadi di dalam tubuh dari sang induk.

~ Setelah pembuahan, maka terjadilah telur.

~ Zigot tumbuh menjadi embrio yang berada di dalam telur.

~ Telur yang dikeluarkan langsung menetas

Hewan Ovovivipar tidak mempunyai ciri ciri yang khusus, hanya cara berkembangbiaknya berbeda dari yang lain yaitu dengan cara bertelur dan melahirkan.

Contoh hewan ovoviviparBerikut beberapa contoh hewan yang berkembangbiak secara ovovivipar, seperti  beberapa jenis ular seperti piton, boa, sanca, kadut dan lainnya, kadal, platypus, bunglon, hiu, ikan gapi-gapi, buaya, ikan pari, hiu, iguana, salamander dan lain sebagainya

Demikian penjelasan tentang pengertian dan ciri-ciri hewan ovovivipar. Semoga membantu kalian semua mengenal lebih jauh tentang hewan ovovivipar dan semoga bermanfaat.

Kontributor : Annisa Nur Rachmawati

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait