facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Rute dan Jadwal Bus Listrik Trans Gadjah Mada, Siap Beroperasi dengan 35 Halte

Eleonora PEW | Hiskia Andika Weadcaksana Sabtu, 02 April 2022 | 14:10 WIB

Rute dan Jadwal Bus Listrik Trans Gadjah Mada, Siap Beroperasi dengan 35 Halte
Rektor UGM Panut Mulyono mencoba layanan transportasi internal kampus berupa bus listrik Trans Gadjah Mada, Jumat (1/4/2022). - (SuaraJogja.id/Hiskia Andika)

Masing-masing Trans Gadjah Mada itu mampu mengangkut 20 orang penumpang sekaligus.

SuaraJogja.id - Dua bus listrik milik Universitas Gadjah Mada (UGM) siap beroperasi untuk menunjang layanan transportasi internal di kampus. Bus listrik yang bernama Trans Gadjah Mada ini akan beroperasi di dua jalur yakni kawasan timur dan barat kampus UGM.

Direktur Aset Universitas Gadjah Mada, Djoko Sulistyo menjelaskan dua bus listrik tersebut telah didukung dengan 35 halte yang ada di sejumlah titik.

Puluhan halte tersebut juga sudah terintegrasi dengan beberapa Trans Jogja, kantong parkir, stasiun sepeda, hingga jalur pedestrian.

Masing-masing Trans Gadjah Mada itu mampu mengangkut 20 orang penumpang sekaligus. Sementara ini operasional bus listrik itu akan dibuka tiap hari kerja pada Senin hingga Kamis mulai pukul 06.30-16.16 WIB.

Baca Juga: Ciptakan Kampus Ramah Lingkungan, UGM Luncurkan Bus Listrik

"KIta ingin lingkungan kampus semakin nyaman dan kondusif adanya bus listrik ini," kata Djoko kepada awak media, Jumat (1/4/2022).

Diakui Djoko, saat ini memang baru ada dua armada bus listrik, sehingga setidaknya diperlukan tambahan dua hingga empat armada bus lagi untuk bisa semakin memangkas waktu tunggu di masing-masing halte.

"Satu halte dilewati tiap 60 menit. Jika nantinya bus ditambah, waktu tunggunya bisa sampai 30 menit saja," ujarnya.

Bus Trans Gadjah Mada - (SuaraJogja.id/Hiskia Andika)
Bus Trans Gadjah Mada - (SuaraJogja.id/Hiskia Andika)

Djoko menyebut bahwa pengadaan bus listrik sebagai layanan transportasi internal kampus ini sebagai upaya UGM untuk menciptakan lingkungan yang mengedepankan konsep pembangunan berkelanjutan.

Selain itu, kebijakan pengadaan bus kampus juga sejalan dengan dengan komitmen UGM dengan gerakan green kampus. Tidak hanya bus listrik saja, UGM juga akan terus mengembangkan fasilitas untuk pedestrian dan fasilitas bagi warga yang berkebutuhan khusus.

Baca Juga: Sambut Ramadhan, Masjid Kampus UGM Tetap Perketat Penerapan Protokol Kesehatan

"Kita akan terus mengembangkan moda transportasi ramah lingkungan. Bagi pejalan kaki difasilitasi pedestrian dengan kanopi. Termasuk jalur bagi pejalan kaki berkebutuhan khusus. Jalur sepeda juga selalu disiapkan. Ke depan sepeda kampus akan diremajakan yang akan dilengkapi smart lock dan aplikasi," paparnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait