facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Arus Balik di Bandara YIA Mulai Tampak, H+3 Lebaran Naik Hingga 60 Persen

Galih Priatmojo | Hiskia Andika Weadcaksana Jum'at, 06 Mei 2022 | 10:57 WIB

Arus Balik di Bandara YIA Mulai Tampak, H+3 Lebaran Naik Hingga 60 Persen
Sejumlah calon penumpang keberangkatan di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kamis (5/5/2022). [Hiskia Andika Weadcaksana / SuaraJogja.id]

Budi merinci hingga sore ini total penumpang di YIA sudah mencapai 9.149 orang.

SuaraJogja.id - Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) mulai mencatat peningkatan arus balik pemudik pada Kamis (5/5/2022). Pada H+3 Lebaran ini peningkatan arus balik mencapai 60 persen. 

Operation Center Head (AOCH) YIA, Budi Wiyono menuturkan arus balik di Bandara YIA saat ini meningkat cukup banyak dibandingkan pada H+1 Lebaran kemarin. 

"Arus balik sudah lumayan ramai lancar dan di H+1 sampai H+3 ini ada peningkatan. Dari realisasi ke rencana hari ini ada 60 persen (peningkatan arus balik)," kata Budi saat ditemui di YIA, Kamis (5/5/2022).

Dari data yang ada, Budi merinci hingga sore ini total penumpang di YIA sudah mencapai 9.149 orang. Jumlah tersebut dibagi dengan sebanyak 4.369 orang merupakan penumpang kedatangan sedangkan 4.820 penumpang keberangkatan.

Baca Juga: Pergerakan Masih Wajar, Dishub Kulon Progo Prediksi Puncak Arus Balik di H+6 Lebaran

Bandara yang berada di Kulon Progo tersebut tercatat melayani sebanyak 33 penerbangan. Dengan rincian 31 penerbangan reguler dan 2 lainnya adalah penerbangan tambahan.

Ia tidak menampik bahwa saat ini mayoritas penumpang berasal dari keberangkat. Mengingat arus balik yang sudah dimulai.

"Dominasinya memang sekarang adalah keberangkatan karena sudah mulai masuk arus balik," ujarnya. 

Terkait dengan puncak arus balik sendiri, kata Budi, diprediksi bakal dirasakan saat akhir pekan mendatang. Dengan total penumpang keberangkatan yang diperkirakan tembus hingga 11.000 orang per hari. 

"Puncak arus balik prediksi hari Sabtu. Kami perkirakan jumlahnya itu berkaca arus mudik yang puncaknya 29 April mencapai 11.000 pax take off landing. Maka dar itu untuk arus balik ini diperkirakan juga sejumlah itu," terangnya. 

Baca Juga: Libur Sekolah Diperpanjang Antisipasi Macet Arus Balik 2022, Masuk Lagi Kapan?

Penumpang keberangkatan hari ini sendiri masih didominasi dengan tujuan Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. 

"Penerbangan kami didominasi jurusan Soekarno-Hatta Cengkareng karena bandara HAP ya. Jadi kemungkinan transit lalu ke Indonesia bagian barat yang tidak ada penerbangan langsung ke YIA," tandasnya. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait