facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bandara YIA Segera Layani Penerbangan Internasional Pekan Depan

Eleonora PEW | Hiskia Andika Weadcaksana Sabtu, 23 April 2022 | 14:40 WIB

Bandara YIA Segera Layani Penerbangan Internasional Pekan Depan
Kondisi Yogyakarta International Airport atau Bandara YIA pada Minggu (2/1/2022) - (SuaraJogja.id/Hiskia Andika)

Pandu menjelaskan, sejauh ini rencana penerbangan internasional itu baru akan dilayani dua kali dalam satu pekan.

SuaraJogja.id - Yogyakarta International Airport atau bandara YIA akan segera melayani penerbangan mancanegara dalam waktu dekat. Berdasarkan rencana pembukaan penerbangan internasional akan dimulai pada pekan depan tepatnya 29 April 2022.

PTS General Manager YIA, Agus Pandu Purnama menuturkan permintaan penerbangan internasional perdana sejak pandemi Covid-19 di Bandara YIA itu akan melayani rute dari dan menuju Malaysia. Penerbangan mancanegara itu akan menggunakan maskapai Air Asia Malaysia.

"Penerbangan dari Malaysia dan ke Malaysia ini menggunakan Air Asia Malaysia, tanggal 29 April kita akan menerima penerbangan internasional itu," kata Agus Pandu saat dikonfirmasi awak media, Jumat (22/4/2022).

Pandu menjelaskan, sejauh ini rencana penerbangan internasional itu baru akan dilayani dua kali dalam satu pekan, tepatnya pada hari Jumat dan Minggu.

Baca Juga: Kunjungan Wisman ke Kepri Mencapai 1.686 Orang, Wisata Kelong Jadi Tempat Favorit Warga Singapura

Disampaikan Pandu, Malaysia bukan menjadi satu-satunya rute penerbangan internasional yang akan dilayani di Bandara YIA. Menyusul Malaysia, ada Sungapura yang tercatat sudah mengajukan penerbangan internasional tersebut.

"Singapura sudah mengajukan tapi rencananya baru Juni penerbangan dari YIA-Singapura menggunakan Tiger Scoot. Ini sudah mengajukan dan sudah mendapatkan izin rute dari Kementerian Perhubungan. Mudah-mudahan Juni tanggal 1 sudah mulai ada penerbangan," ungkapnya.

Pelayanan penerbangan internasional tersebut, kata Pandu sesuai dengan Surat Edaran Nomor 42 tahun 2022 dari Kementerian Perhubungan tentang petunjuk pelaksana pelaku perjalanan luar negeri (PPLN). Di sana tertera bahwa Bandara YIA masuk dalam 10 bandara di Indonesia yang melayani entry poin atau masuknya penerbangan internasional.

"Atas dasar inilah maka kami sudah berkoordinasi cukup ketat dengan intern stakeholder CIQ (Custom Immigration Quarantine) dan lain-lain tentang kesiapan mereka. Secara prinsip 100 persen mereka siap untuk melayani penerbangan internasional," tuturnya.

Selain itu, ditambahkan Pandu, pihaknya juga telah menerima Surat Edaran (SE) Dirjen Imigrasi nomor IMI-0549.GR.01.01 tentang kemudahan keimigrasian untuk mendukung pariwisata berkelanjutan. Hal itu dinilai akan semakin memberikan kemudahan khususnya untuk mendapatkan Visa on Arrival (VOA).

Baca Juga: Mulai Buka Penerbangan Internasional 29 April, Bandara YIA Lakukan Persiapan

"Ini berlaku untuk 43 negara kemudian, ada 9 negara Asean yang bebas visa. Ini nanti kita di Bandara YIA berlaku itu," tandasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait