facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tandai Pulihnya Industri Kreatif Pasca Pandemi, Balkonjazz 2022 Kembali Digelar

Muhammad Ilham Baktora Jum'at, 13 Mei 2022 | 21:17 WIB

Tandai Pulihnya Industri Kreatif Pasca Pandemi, Balkonjazz 2022 Kembali Digelar
Para artis dan promotor Balkonjazz 2022 di Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jumat (13/05/2022). [Kontributor / Putu Ayu Palupi]

Kahitna, Rendy Pandugo, Adhitia Sofyan, Dere, Juicy Luicy, Raissa Anggiani hingga artis yang tengah naik daun, Megantoro, bakal memeriahkan acara tersebut.

SuaraJogja.id - Sempat dua tahun vakum, Festival musik Balkonjazz 2022 kembali digelar tahun ini. Festival ini menjadi gelaran musik pertama yang digelar pasca pandemi COVID-19. Sekitar 1.500 pengunjung Balkonjazz bakal hadir menikmati sajian musik yang sudah lama ditunggu-tunggu.

Sejumlah artis tampil dalam Balkonjazz di Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang, Sabtu (14/05/2022) besok. Sebut saja Kahitna, Rendy Pandugo, Adhitia Sofyan, Dere, Juicy Luicy, Raissa Anggiani hingga artis yang tengah naik daun, Megantoro.

Bakkar Wibowo, founder Balkonjazz Festival sekaligus promotor dari Sinergi Live disela persiapan Balkonjazz 2022, Jumat (13/05/2022) mengungkapkan, festival kali ini hadir untuk mendukung tumbuhnya geliat ekonomi masyarakat lokal melalui pertunjukkan hiburan. Sebab keterlibatan dan partisipasi masyarakat lokal sangat dibutuhkan untuk pulih dari pandemi.

"Artinya kebahagiaan yang didapat dari para pengunjung dan penonton festival itu juga menjadi bagian yang terintegrasi dengan kebahagiaan yang diraih oleh masyarakat lokal," tandasnya.

Baca Juga: Menilik Eksotisme Desa Karangrejo Magelang yang Disulap Jadi Lokasi Balkonjazz 2022 Borobudur Digelar

Bakkar menyebutkan, selain memulihkan industri kreatif melalui hadirnya para artis, Balkonjazz Festival juga melakukan penguatan usaha ekonomi masyarakat lokal. Diantaranya dengan menghadirkan Pasar Balkon yang dikelola secara khusus oleh warga lokal untuk
menjual semua hasil produk masyarakat setempat.

Hal ini penting agar peran serta berbagai stakeholder untuk memulihkan perekonomian pasca pandemi bukan lagi menjadi semacam jargon. Sebab muncul sinergi dari sebuah pesta hiburan yang memberikan manfaat kepada masyarakat lokal

"Kami kembali menghadirkan pasar balkon yang telah menjadi identitas melekat dengan balkonjazz festival," jelasnya.

Hal ini dibenarkan Kepala Desa Karangrejo, M Hely Rofikun yang menyatakan Balkondes PGN Karangrejo menjadi berkah tersendiri bagi warga sekitar. Dalam Balkonjazz Festival yang digelar di Balgondes ini tidak hanya pemilik homestay yang mendapatkan berkah namun juga para pengemudi ojek serta pemilik lahan parkir serta warung-warung makan di Dusun Bumen Jelapan dan Kretek 1.

"Karena parkir kendaraan di kawasan yang berjarak sekitar 200 hingga 500 meter dari acara maka bagi pengunjung yang ingin naik ojek kami siapkan 70 unit ojek dari warga Desa Karangrejo," jelasnya.

Hely mencontohkan, untuk tarif parkir di kawasan tersebut, panitia menetapkan harga Rp10 ribu bagi kendaraan roda 4 dan Rp5 ribu bagi kendaraan roda 2. Sementara tarif ojek disamakan Rp10 ribu dari shelter parkir menuju acara.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait