facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ada di DIY, Seperti Ini Lokasi Syuting Desa Penari dalam Film KKN di Desa Penari

Eleonora PEW Selasa, 17 Mei 2022 | 11:04 WIB

Ada di DIY, Seperti Ini Lokasi Syuting Desa Penari dalam Film KKN di Desa Penari
Rumah Ngadiyo tempat syuting adegan Bima dan Ayu sekarat di tempat tidur - (Kontributor SuaraJogja.id/Julianto)

Ternyata lokasi syuting berada di 3 kabupaten, masing-masing Gunungkidul, Bantul, dan juga Sleman.

SuaraJogja.id - Desa Penari kini masih menjadi misteri keberadaannya karena yang beredar selama ini Desa Penari berada di Jawa Timur. Keberadaannya begitu tersohor usai film KKN di Desa Penari belakangan booming dan menjadi trending dalam beberapa pekan terakhir.

Ternyata, kendati lokasi kejadian di balik film KKN di Desa Penari lokasi berada di Jawa Timur, tetapi ternyata lokasi syuting film ini justru paling banyak diambil di wilayah DIY. Lewat editing, beberapa lokasi yang sebenarnya berjauhan mampu dikemas seolah menjadi satu lokasi.

Ternyata lokasi syuting berada di 3 kabupaten, masing-masing Gunungkidul, Bantul, dan juga Sleman. Di Gunungkidul ada di Dusun Ngluweng, Kalurahan Ngleri dan kawasan Hutan Wanagama, Kapanewon Playen.

Sementara di Kabupaten Bantul lokasi pengambilan gambar berada di Hutan Pinus kawasan Mangunan dan wisata Batu kapal Piyungan. Sementara di Sleman berada di kawasan obyek wisata Kali Kuning.

Baca Juga: Akun Simple Man Berikan Kode di Twitter, "Sewu Dino" akan Segera Difilmkan?

Di Gunungkidul, pamor Dusun Ngluweng, Kalurahan Ngleri, Kapanewon Playen kini melejit. Dusun yang menjadi lokasi perkampungan dalam film KKN Desa Kenari dan posko KKN tersebut sebenarnya wilayah yang berada di agak pelosok.

Dusun Ngluweng berada di Kapanewon Playen dan untuk menjangkaunya harus menempuh perjalanan selama 20 menit dari pusat Kota Wonosari. Dusun ini masih sederet dengan kompleks hutan Wanagama.

Dukuh Ngluweng, Istri Rahayu mengakui jika dusunnya memang dijadikan lokasi syuting Film KKN di Desa Penari. Istri sendiri tidak mengetahui alasan mengapa wilayahnya dijadikan lokasi syuting Film KKN di Desa Penari. Hanya saja memang ada dua rekannya yang mendatanginya untuk survei lokasi syuting sebuah film.

"Itu ada pak Heru yang datang ke sini kulonuwun," terang dia, Senin (16/5/2022) malam.

Baca Juga: Dul Jaelani Dapat Kejutan dari Tissa Biani di Peluncuran Album Baru Qodir Band

Kala itu, Istri mengaku tidak berani memberikan izin jika izin dari Kantor Kalurahan Ngleri belum turun. Usai mendapat izin dari pemerintah Kalurahan Ngleri, syutingpun langsung dimulai.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait