facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Stok Darah di Jogja sempat Menipis Pasca Libur Panjang, PMI Pastikan Ketersediaan Cukup Saat Ini

Muhammad Ilham Baktora Selasa, 24 Mei 2022 | 13:50 WIB

Stok Darah di Jogja sempat Menipis Pasca Libur Panjang, PMI Pastikan Ketersediaan Cukup Saat Ini
Ilustrasi Stok Darah. (Shutterstock)

Per Selasa ini tercatat 475 stok darah tersedia di Kantor PMI Kota Yogyakarta.

SuaraJogja.id - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Yogyakarta tak menampik pasca libur lebaran dan libur panjang pekan lalu terjadi penurunan jumlah kantong darah di Kota Jogja. Saat ini, pihaknya telah menggencarkan aksi donor darah dan menambah jumlah stok darah.

Kepala Unit Transfusi Darah PMI Kota Yoyakarta, Diah Nurpratami menerangkan bahwa per Selasa (24/5/2022) jumlah stok darah masih sangat cukup.

"Insyaallah masih cukup [hari ini]. Memang kemarin stok di awal-awal bulan saat libur lebaran dan libur panjang mengalami kekurangan," terang Diah dihubungi wartawan, Selasa.

Ia menambahkan belum ada kendala ketika permintaan stok darah kembali meningkat. Beberapa mitra termasuk posko PMI di DIY, juga masih bisa menyediakan stok darah kepada pasien yang membutuhkan.

Baca Juga: Stok Turun Selama Ramadhan, PMI Yogyakarta Gelar Donor Darah di Masjid Gede Kauman Selasa Besok

Dijelaskan Diah, per Selasa ini tercatat 475 stok darah tersedia di Kantor PMI Kota Yogyakarta. Jumlah tersebut terdiri dari berbagai jenis darah termasuk golongannya.

Untuk jenis White Blood (WB) tersedia sekitar 208 stok darah. Dari jumlah itu, stok darah golongan AB tercatat paling sedikit, yakni 8 kantong darah.

Sementara jenis darah Packed Red Cell (PRC) tersedia sekitar, 250 stok darah.

"Untuk stok thrombocyte concentrates (TC), ada 73 stok. Sementara Fresh Frozen Plasma (FPP) tersedia sekitar 91 stok darah," terang dia.

Diah mengingatkan untuk masyarakat dan pendonor rutin lainnya segera mendonorkan darahnya di bulan ini. Minimal 60 hari setelah mendonorkan darahnya, untuk meregenerasi darah dalam metabolisme tubuh masyarakat.

Baca Juga: Hadapi Cuaca Ekstrem, PMI Yogyakarta Tambah Relawan

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait