facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pelaksanaan Mudik Lebaran Dinilai Lancar, PMI DIY Beri Penghargaan ke 331 Relawan

Muhammad Ilham Baktora Rabu, 25 Mei 2022 | 20:45 WIB

Pelaksanaan Mudik Lebaran Dinilai Lancar, PMI DIY Beri Penghargaan ke 331 Relawan
Ketua PMI DIY, GBPH Prabukusumo saat memberikan piagam penghargaan kepada relawan di kediamannya, Alun-alun Kidul Yogyakarta, Rabu (25/5/2022). [Dok.Humas PMI DIY]

Saat siaga lebaran tahun 2022, PMI DIY mendirikan 20 Pos Pelayanan Ambulans dan Pertolongan Pertama dengan 22 ambulans.

SuaraJogja.id - Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PMI DIY) memberikan penghargaan secara simbolis kepada 331 relawan yang terlibat dalam Siaga Lebaran Tahun 2022 dalam acara Peringatan Hari Palang Merah Dunia dan Syawalan PMI DIY, Rabu (25/5/2022) di Alun-Alun Kidul, Kota Jogja.

“Setelah dua tahun sejak Pandemi Covid-19 tahun 2020 yang lalu, baru tahun ini kita bisa menjalani tradisi mudik. Alhamdulillah mudik berjalan lancar, masyarakat dapat dilayani dengan baik. Kini, saatnya kita mengapresiasi kinerja Relawan yang telah bekerja sukarela melayani masyarakat,” tutur Ketua PMI DIY, GBPH Prabukusumo, dalam keterangannya, Rabu.

Sebagaimana tema Peringatan Hari Palang Merah Sedunia tahun 2022 yakni “Be Human Kind”, Gusti Prabu, sapaan akrabnya berharap penghargaan yang diberikan dapat memberikan inspirasi, menggugah banyak orang tentang kepedulian, tentang kemanusiaan, tentang menebar kebaikan.

“Torehan kenangan dan pengalaman Henry Dunant 159 tahun yang lalu dalam buku “A Memory of Solferino” telah membidani lahirnya sebuah organisasi kemanusiaan berbasis kerelawanan yang aksi-aksi kemanusiaannya telah mewarnai dunia, baik saat perang, konflik, kebencanaan, krisis kesehatan, maupun krisis kemanusiaan maupun saat damai. Relawan PMI bekerja tanpa membedakan agama, bangsa, suku bangsa, warna kulit, jenis kelamin, golongan, dan pandangan politik,” jelas Gusti Prabu.

Baca Juga: Sempat DPO, Pelaku Pengiriman PMI Ilegal dari Riau ke Malaysia Ditangkap: Kirim Ratusan PMI dalam 5 Bulan

Seperti diketahui, saat siaga lebaran tahun 2022, PMI DIY mendirikan 20 Pos Pelayanan Ambulans dan Pertolongan Pertama dengan 22 ambulans.

PMI juga menugaskan personel yang memiliki latar belakang medis paramedis maupun relawan yang mempunyai keterampilan pertolongan pertama.

“Salah satu tugas PMI adalah melayani masyarakat dalam penanganan musibah dan memberikan pelayanan kesehatan, di antaranya adalah pertolongan pertama. Semua personel PMI dibekali ilmu pertolongan pertama. Kemarin Sabtu (21/5/2022) PMI juga baru saja melatih pengurus, pegawai dan relawan dalam pertolongan pertama," katanya.

Menurut Gusti Prabu, ilmu ini penting digunakan dalam kondisi kedaruratan sehari-hari, seperti korban luka bakar, serangan jantung, tersedak, maupun saat menemui kecelakaan di jalan raya.

Selain mudik yang berjalan lancar, pelayanan darah PMI selama libur lebaran juga berjalan dengan baik dengan stok darah yang mencukupi.

Baca Juga: Pos Indonesia Bantu Perkuat dan Perluas Layanan Kemanusiaan PMI

“Stok darah saat lebaran mencukupi, kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat kepada pendonor darah yang berperan serta menjaga stok darah tetap aman saat libur lebaran tahun ini," ungkap Ketua Bidang Donor Darah PMI DIY Suryanto

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait