facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Gelar Survei Elektabilitas, IPS Sebut Nama Prabowo Subianto Masih Cukup Kuat sebagai Calon Presiden

Muhammad Ilham Baktora Senin, 27 Juni 2022 | 22:55 WIB

Gelar Survei Elektabilitas, IPS Sebut Nama Prabowo Subianto Masih Cukup Kuat sebagai Calon Presiden
Menhan Prabowo Subianto memberikan pembekalan kepada peserta Apel Komandan Satuan TNI AD yang berlangsung di Akademi Militer, Magelang Jawa Tengah, Kamis (23/6/2022). [Foto Kemhan]

Survei IPS dilakukan pada 13-23 Juni 2022 di 34 provinsi yang ada di seluruh Indonesia.

SuaraJogja.id - Lembaga Indonesia Polling Stastions (IPS) merilis hasil survei yang menempatkan nama Prabowo Subianto masih berada di puncak elektabilitas selama setahun sebagai calon presiden pada Pemilu 2024.

"Posisi Prabowo Subianto di puncak elektabilitas belum pernah tergoyahkan selama hampir satu tahun lebih," kata peneliti IPS, Alfin Sugianto, Senin (27/6/2022).

Ia melanjutkan, hasil survei IPS terbaru, Prabowo mendapatkan perolehan elektabilitas sebesar 29,8 persen.

Sementara itu, sejumlah nama calon presiden masih membuntuti Prabowo dalam survei di antaranya Ganjar Pranowo dengan 20,6 persen dan Anies Baswedan dengan 16,8 persen.

Baca Juga: Prabowo Bertemu Muhaimin, Dewan Pakar Gerindra Sebut Penjajakan dengan PKB Strategis Terutama di Jatim

"Publik kelihatannya semakin mantap menjatuhkan pilihannya kepada ketua umum DPP Partai Gerindra itu untuk memimpin Indonesia periode 2024-2029," ujarnya.

Survei IPS dilakukan pada 13-23 Juni 2022 di 34 provinsi yang ada di seluruh Indonesia. Populasinya seluruh warga negara Indonesia yang minimal telah berusia 17 tahun atau telah memiliki KTP.

Jumlah sampel sebesar 1.220 responden, dengan margin of error lebih kurang 2,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara probability dengan teknik acak bertingkat (multistage random sampling). Lalu, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka oleh tenaga terlatih dengan bantuan atau pedoman kuesioner.

Berikut adalah 10 nama calon presiden pada Pilpres 2024 dengan elektabilitas tertinggi berdasar hasil survei IPS yakni Prabowo Subianto 29,8 persen, Ganjar Pranowo 20,6 persen, Anies Baswedan 16,8 persen, Sandiaga Uno 6,8 persen, Ridwan Kamil 6,2 persen, Basuki T Purnama 3,8 persen, Dedi Mulyadi 2,8 persen, Agus H Yudhoyono 2,4 persen, Erick Thohir dua persen dan Moeldoko 1,8 persen.

Sebelumnya, Lingkaran Survei Indonesia, Denny JA juga menempatkan Prabowo Subianto di urutan tertinggi dengan elektabilitas sebesar 28,9 persen, diikuti Ganjar Pranowo dengan 23,5 persen, dan Anies Baswedan 14,6 persen.

Baca Juga: Survei Anies Baswedan Terbaru Mentereng, Ungguli Prabowo dan Ganjar Pranowo

Selain tingkat keterpilihan yang masih cukup tinggi, merujuk hasil jajak pendapat LSI Denny JA, tingkat pengenalan Prabowo sebesar 95,9 persen dan tingkat kesukaan sebesar 76,4 persen. [ANTARA]

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait