facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kuota Asia di Piala Dunia 2026 Bertambah, Indonesia Berpeluang Lolos?

Eleonora PEW Kamis, 04 Agustus 2022 | 13:09 WIB

Kuota Asia di Piala Dunia 2026 Bertambah, Indonesia Berpeluang Lolos?
Pesepak bola Timnas Indonesia Dimas Drajad (kiri, bawah) berselebrasi dengan rekan-rekannya usai membobol gawang Timnas Nepal pada laga terakhir Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Internasional Jaber Al Ahmad, Kuwait, Selasa (14/6/2022). ANTARA FOTO/Humas PSSI

Timnas Indonesia berpeluang untuk tampil di Piala Dunia 2026 setelah FIFA memberikan tambahan kuota untuk negara-negara Asia.

SuaraJogja.id - Zona Asia mendapatkan tambahan kuota Piala Dunia 2026 mendatang dengan 8 tim lolos dan 1 tim play off antarbenua.

Kabar tersebut tentu menjadi angin segar bagi sepak bola tanah air. Pasalnya peluang Timnas Indonesia untuk tampil di pagelaran sepak bola paling bergengsi se dunia semakin terbuka.

Namun langkah skuad Garuda untuk mentas di Piala Dunia 2026 tentu tidak akan mudah karena harus melewati babak Kualifikasi terlebih dahulu.

Berikut format Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang akan berlangsung dan diikuti oleh 48 tim. Babak Kualifikasi tersebut terdiri dari empat putaran.

Baca Juga: Federasi Singapura Sebut Timnas Indonesia U-16 Punya Peluang Juara Piala AFF U-16 2022

PUTARAN 1

Peserta terdiri dari 22 tim. Tim peringkat FIFA 26 hingga 47 Asia akan bermain di Ronde 1 dan menggunakan sistem gugur dengan Format Home-Away. Nantinya akan diambil sebanyak 11 tim untuk lolos ke Ronde 2.

PUTARAN 2

Peserta terdiri 36 tim. 11 tim pemenang Ronde 1 akan bergabung dengan Tim Peringkat FIFA 1-25 Asia. 36 tim akan dibagi dalam 9 grup (masing-masing grup berisi 4 tim). Sistem Round-robin dengan format Home-Away. Juara dan Runner-up Grup lolos ke Ronde 3 dengan total 18 tim.

PUTARAN 3

Baca Juga: 3 Alasan Timnas Indonesia U-16 Bisa Kalahkan Vietnam

Peserta 18 tim. Akan dibagi menjadi 3 grup, masing-masing grup terdiri 6 tim. Sistem Round-robin dengan format Home-Away. Juara dan Runner-up Grup lolos ke Piala Dunia 2026. (Total 6 tim).

PUTARAN 4

Play-off Asia. Peserta terdiri dari 6 tim, 2 tim peringkat 3 dan 4 di Ronde 3 akan bermain di babak paly-off. 6 tim akan dibagi dalam dua Grup, masing-masing grup dihuni sebanyak 3 tim. 2 tim yang keluar sebagai juara grup lolos ke Piala Dunia 2026.

PLAY-OFF INTERCONTINENTA

Babak Play-off Intercontinenta akan diikuti oleh peringkat 2 grup di Putaran 4. Pemenangnya akan mewakili Asia di Play-off Intercontinental.

Peluang Timnas Indonesia untuk lolo ke putaran final Piala Dunia 2026 sangatlah terbuka, mengingat saat ini perkembangannya menunjukkan grafik yang positif.

Selain itu, adanya pemain tambahan yang berstatus sebagai pemain keturunan dan pemain timnas yang akan berada di usia matang, tidak menutup kemungkinan skuad Garuda Indonesia bisa tampil di ajang paling bergengsi tersebut.

Kontributor : Moh. Afaf El Kurnia

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait