facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tekan Jumlah RTLH, Pemkab Kulon Progo Salurkan Bantuan Bedah Rumah

Eleonora PEW Kamis, 04 Agustus 2022 | 16:32 WIB

Tekan Jumlah RTLH, Pemkab Kulon Progo Salurkan Bantuan Bedah Rumah
Ilustrasi: Rumah tak layak huni. (Shutterstock)

Ia berharap, program ini mampu memberikan rumah yang layak huni bagi masyarakat Kulon Progo.

SuaraJogja.id - Bantuan bedah rumah tidak layak huni (RTLH) dan atap lantai dinding atau aladin disalurkan Pemkab Kulon Progo bersama Baznas setempat bagi warga kurang mampu di Kalurahan Purwosari dan Jatimulyo.

Penjabat Bupati Kulon Progo Tri Saktiyana di Kulon Progo, Kamis, mengatakan bantuan bedah RTLH ini diharapkan menjadi salah satu upaya mengurangi atau menghapus jumlah RTLH yang di Kabupaten Kulon Progo yang cukup tinggi.

"Ini upaya Pemkab Kulon Progo dan Basnaz bagaimana supaya pada saatnya rumah di Kulon Progo bisa layak huni. Tahap demi tahap kami lakukan, satu demi satu kita lakukan termasuk yang kita lakukan supaya masyarakat memiliki rumah layak huni," kata Tri.

Ia berharap, program ini mampu memberikan rumah yang layak huni bagi masyarakat Kulon Progo yang memenuhi kaidah kesehatan dan tentunya memberikan kenyamanan bagi penghuninya.

Baca Juga: Kemiskinan di Kulon Progo Capai 18 Persen, Anggota DPRD Minta Pemkab Serius Beri Penanganan

"Kami juga mengapresiasi peran serta gotong royong swadaya masyarakat guna mensukseskan program tersebut," katanya.

Sementara Lurah/Kades Purwosari Sri Murtini menyampaikan terima kasih atas bantuan renovasi RTLH di wilayahnya.

Bantuan tersebut dirasa sangat berarti bagi para penerima dikarenakan kondisi rumah yang sangat tidak layak ditambah dengan kondisi ekonomi pemilik rumah yang tidak mampu.

"Kami ucapkan banyak terima kasih kepada Pemkab melalui Baznas Kulon Progo yang telah memberikan bantuan, kondisi rumah seperti yang terlihat memang seperti itu (tidak layak huni), jadi mereka ini betul-betul sangat membutuhkan bantuan tersebut," kata Sri.

Sri menambahkan bahwa warga masyarakat juga siap bergotong royong secara swadaya dalam rangka membantu pelaksanaan program bedah RTLH tersebut.

Baca Juga: Warga Suku Bajo Ubah Lingkungannya jadi Kampung Pelangi

"Kami berterima kasih atas semangat gotong royong masyarakat yang sangat tinggi. Kami berharap semangat gotong royong ini dilakukan dalam membangun Purwosari," katanya.

Adapun penerima bantuan yaitu atas nama Purwanto, Habib Musthofa dari Kalurahan Purwosari, Tri Ngudiyono, Suwarno dan Sumarni penerima dari Kalurahan Jatimulyo masing-masing menerima bantuan RTLH sebesar Rp20 Juta. Sedangkan satu warga atas nama Suparman dari Kalurahan Purwosari menerima bantuan Aladin sebesar Rp7,5 juta. [ANTARA]

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait