Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Teten Masduki Resmikan Program Pasar Lokal Suara UMKM: Semoga Makin Berkualitas dan Berdaya Saing

Galih Priatmojo Senin, 15 Agustus 2022 | 14:56 WIB

Teten Masduki Resmikan Program Pasar Lokal Suara UMKM: Semoga Makin Berkualitas dan Berdaya Saing
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki resmikan peluncuran program Pasar Lokal Suara UMKM yang diinisiasi Suara.com, Senin (15/8/2022).

Suara.com luncurkan program Pasar Lokal Suara UMKM

SuaraJogja.id - Program Pasar Lokal Suara UMKM resmi diluncurkan oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Senin (15/8/2022).

Dalam peresmian yang dilakukan secara daring Teten Masduki mengaku sangat mengapresiasi program yang baru saja diluncurkan tersebut.

"Saya mengapresiasi program ini agar ke depan UMKM lebih berkualitas dan memiliki daya saing," terangnya.

Ia menjelaskan pengembangan ekonomi berkelanjutan dan inklusif saat ini merupakan kata kunci. Terlebih adanya konflik antara Rusia dengan Ukraina yang berdampak pada peningkatan harga pangan dan energi hingga berakibat kepada kerawanan pangan yang harus diwaspadai.

Baca Juga: Pasar Lokal Suara UMKM, Komitmen Suaradotcom dalam Mengembangkan UMKM

"Kami percaya hanya lewat pengembangan UMKM lah ekonomi Indonesia bisa bertahan dari krisis," katanya.

Lebih jauh, pemerintah saat ini terus menciptakan ekosistem usaha yang baik melalui pengembangan wirausaha nasional dengan target 1 juta tercipta wirausaha baru hingga 2024. Selain itu pihaknya juga terus mendorong agar UMKM terhubung dalam ekosistem digital.

Untuk memaksimalkan upaya itu, media juga punya andil yang strategis demi pengembangan UMKM yang lebih luas lagi.

"Saat ini ada sebanyak 19 juta UMKM yang telah converting ke digital. Kami berharap media bisa ikut berperan dalam pengembangan UMKM guna menggaungkan produk lokal secara luas," tambahnya.

Senada dengan yang disampaikan Teten Masduki, Pemimpin Redaksi Suara.com, Suwarjono menyebut media selain sebagai sarana menyebarkan berita kepada khalayak juga punya peran penting dalam memajukan UMKM.

Baca Juga: Menkop Teten Masduki Punya Harapan Besar Terhadap Pasar Lokal Suara UMKM

Untuk itu, Suara.com tak hanya mendorong tetapi juga terlibat dalam proses pengembangan UMKM agar lebih maskimal.

"Saat ini tercatat ada 60 juta lebih pelaku UMKM tapi baru sekitar 20-30 juta di antaranya yang beralih ke digital dalam pemasarannya. Ini peluang besar bagi pelaku umkm untuk go digital. Kami selain mendorong juga ingin ikut terlibat.

Lewat program Pasar Lokal Suara UMKM, Suara.com akan turut memberi training hingga pendampingan.

"Dan nanti ujungnya UMKM yang melewati proses akan kami ajak pameran bersama pasar lokal nanti akan ada pendanaan bagi mereka yang masuk 10 besar," jelasnya.

Ia berharap dengan diluncurkan program Pasar Lokal Suara UMKM bisa memberikan kemanfaatan dan membantu para pelaku UMKM yang saat ini tengah bangkit pascapandemi lalu.

"Kami tahu betul UMKM selama pandemi sedang melakukan transisi. Kami sedang support terlibat secara penuh. Harapannya program ini bisa berjalan dengan lancar," tukasnya.

Selain Menkop UKM dan Pemred Suara.com, turut hadir pula dalam acara peluncuran ini Founder dan CEO Super Roti Semarang, Ismiyati, serta Direktur Bisnis Mikro Bank BRI, Supari. Ismiyati sebagai salah satu pengusaha yang dinilai berhasil, di kesempatan ini membagikan berbagai pengalaman dan tips dalam menjalankan dan mengembangkan usahanya.

Program "Pasar Lokal Suara UMKM" sendiri terdiri dari pelatihan, talkshow, hingga coaching clinic, yang bisa dimanfaatkan UMKM untuk bisa meningkatkan kapasitasnya. Salah satu bagiannya adalah Kelas UMKM yang digelar di tiga kota. Kegiatan Kelas UMKM pertama telah digelar di Bandung pada 11 Agustus 2022 lalu yang dihadiri ratusan pelaku UMKM, serta selanjutnya akan digelar di Yogyakarta (18 Agustus) dan di Solo (20 Agustus).

Adapun puncak kegiatan "Pasar Lokal Suara UMKM" akan berlangsung di Yogyakarta pada tanggal 22-23 Oktober 2022, yang akan diikuti oleh sebanyak 30 UMKM lokal yang telah lolos seleksi. Dari situ nantinya, UMKM lokal yang masuk 10 besar akan mendapatkan pendanaan untuk pengembangan, dengan jumlah modal usaha sebesar total Rp65 juta.

Program ini mendapat dukungan dari Bank BRI dan Astra, selain platform Suara Regional, Yoursay.id dan Serbada.com dari Arkadia Digital Media, program ini melibatkan beberapa partner seperti Young On Top, TopKarir, Jogja Istimewa dan SuaraGama. Pelaku UMKM yang tertarik untuk ikut serta, saat ini masih dipersilakan untuk mendaftar secara online. Pendaftaran program "Pasar Lokal Suara UMKM" ini bisa dilakukan melalui laman: microsite.suara.com/umkm.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait