Kesan Pertama Jadi Dosen Praktisi di UGM, Begini Kata Prilly Latuconsina

Prilly turut berterima kasih kepada program kampus merdeka praktisi mengajar Kemendikbudristek yang telah memberinya kesempatan untuk berbagi ilmu.

Muhammad Ilham Baktora | Hiskia Andika Weadcaksana
Kamis, 29 September 2022 | 16:00 WIB
Kesan Pertama Jadi Dosen Praktisi di UGM, Begini Kata Prilly Latuconsina
Aktris Prilly Latuconsina saat memberi pemaparan kepada awak media di Kampus UGM, Sleman, Kamis (29/9/2022). [Hiskia Andika Weadcaksana / Suarajogja.id]

SuaraJogja.id - Aktris Prilly Latuconsina menjadi dosen praktisi di Departemen Ilmu Komunikasi (Ilkom) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Gadjah Mada (UGM). Prilly hadir secara secara tatap muka bertemu dengan mahasiswanya, Kamis (29/9/2022).

Perempuan kelahiran 1996 itu mengaku mendapat banyak pengalaman menjadi dosen tamu ini. Tidak hanya mengajar mahasiswa saja, bahkan ia juga tak menampik ikut belajar dari mereka.

"Selain mengajar saya juga ikut belajar sebenarnya karena pertanyaan-pertanyaan mahasiswa itu justru membuat saya akhirnya belajar dan membuka perspektif baru saya. Jadi ini praktisi mengajar dan ikut belajar. Jadi banyak sekali ilmu yang saya dapat dari kegiatan hari ini," kata Prilly kepada awak media di Fisipol UGM, Kamis (29/9/2022).

Baca Juga:Prilly Latuconsina Tampil Jadi Cewek Mamba, Intip Detail OOTDnya

Ia senang bisa mendapat kesempatan untuk berbagi ilmu dan pengalaman kepada mahasiswa di UGM. Ditambah pula dengan respon mahasiswa yang sangat aktif bertanya.

"Tadi kelasnya sangat menantang sekali, mahasiswa sangat aktif bertanya dan sangat fokus mendengarkan pemaparan yang saya paparkan," ucapnya.

"Dan senang sekali saya bisa membagikan ilmu untuk mereka dan memperluas perspektif lagi karena kajiannya tadi bukan hanya soal teori tapi saya juga bercerita pengalaman di depan layar bagaimana seorang tokoh melewati proses selebrifikasi atau melewati indikator-indikator untuk mempunyai status selebritas. Jadi senang sekali saya bisa sharing ilmu tersebut," sambungnya.

Prilly turut berterima kasih kepada program kampus merdeka praktisi mengajar Kemendikbudristek yang telah memberinya kesempatan untuk berbagi ilmu dengan para mahasiswa. Sebab ia memang secara pribadi mendaftar untuk mengikuti program ini.

"Saya daftar secara formal, saya daftar di website resmi praktisi mengajar, submit segala dokumen yang diperlukan bahkan cv dan semuanya sampai menunggu kabar dan akhirnya mendapat tawaran dari UGM," ungkapnya.

Baca Juga:Perjalanan Pendidikan Prilly Latuconsina Hingga di Udang Jadi Dosen Tamu di UGM

"Saya bersyukur sekali hari ini jadi melewati proses sebagaimana mestinya, yang harus dilewati oleh praktisi-praktisi lain," imbuhnya.

Ia berharap ke depan ada banyak praktisi lain yang ingin ikut program praktisi mengajar. Agar dapat lebih banyak sharing pengalaman dan bisa berkolaborasi dengan dosen perguruan tinggi.

Sekretaris Departemen Ilmu Komunikasi UGM sekaligus salah satu pengampu mata kuliah kajian selebritas, Lidwina Mutia, mengatakan bahwa kehadiran Prilly menjadi kesempatan yang luar biasa bagi mahasiswanya. Terlebih memang ada peminatan spesifik di departemennya.

"Apalagi ini menjadi salah satu cara kami juga untuk bisa mengenalkan teman-teman di luar bahwa kolaborasi ini memang sangat diperlukan untuk perkuliahan. Apalagi di kelas kami, di departemen ilmu komunikasi di program sarjana, kami punya peminatan yang sangat spesifik untuk peminatan media entertaiment dan salah satunya mengkaji terkait kajian selebritas," kata Mutia.

Dosen pengampu mata kuliah kajian selebritas, Mashita Fandia menuturkan hadirnya Prilly sekaligus memberikan gambaran yang lebih riil dan praktikal untuk mahasiswa. Terlebih yang mengambil kajian selebritas terkait bagaimana proses selebritifikasi dan selebritisasi di Indonesia.

"Dan Prilly adalah sosok yang tepat karena beliau sanggup menyampaikan fenomena dan mengabstraksinya ke dalam konsep-konsep seperti itu dan tadi saya kira teman-teman mendapatkan ilmu dasar yang sangat komprehensif dari kak Prilly. Untuk itu harapannya ke depan kolaborasi seperti ini akan bisa terus berjalan," ucap Mashita.

News

Terkini

Berikut keutamaan dzikir pagi petang, bisa langsung diamalkan.

News | 16:34 WIB

saat ini, selain Gunung Semeru ada gunung api lain di Indonesia yang masih aktif, salah satunya Gunung Merapi.

News | 16:22 WIB

Berikut link streaming Piala dunia 2022.

News | 16:18 WIB

Pernikahan Erina Gudono dan Kaesang Pangarep akan digelar 10 Desember 2022 mendatang

News | 16:14 WIB

Skuat Garuda menjadi tim dengan status market value termahal kalahkan Thailand dan Vietnam.

News | 14:43 WIB

Cedera yang dialami oleh Dimas Drajad mendapat sorotan dari salah satu media Vietnam, thethao247.

News | 14:39 WIB

prosesi pernikahan Kaesang dan Erina yang diselenggarakan di DIY turut berpengaruh pada tingkat okupansi hotel.

News | 14:26 WIB

berikut ini 4 kolam renang terpopuler yang ada di Jogja

Lifestyle | 11:26 WIB

Pengaturan izin PLTN pun sudah diatur pemerintah.

News | 11:23 WIB

Berikut doa setelah Sholat Dhuha yang dianjurkan untuk dibaca.

News | 11:20 WIB

Silver Hanoman diberikan kepada film 'Leonor Will Never Die'.

News | 13:17 WIB

lebih dari 16.000 penonton hadir dalam perhelatan Jogja-NETPAC Asian Film Festival ke-17 (JAFF17)

News | 13:13 WIB

sebelumnya diberitakan seorang wisatawan tewas usai jip wisata yang dinaikinya mengalami kecelakaan terjun ke jurang

News | 13:09 WIB

berikut ini 4 manfaat yang kamu peroleh kalau baca doa sebelum masuk ke kamar mandi

Lifestyle | 12:10 WIB

Target booster 50 persen itu memang sulit, tetapi mudah-mudahan akhir tahun bisa

News | 11:10 WIB
Tampilkan lebih banyak