Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Selasa, 05 November 2019 | 11:22 WIB
Cuitan viral soal klitih - (Twitter/@Budidanluhur)

SuaraJogja.id - Fenomena pembegalan disertai kekerasan, yang akrab disebut klitih di sekitar Yogyakarta, dikabarkan masih kerap terjadi.

Baru-baru ini kejadian tersebut dilaporkan seorang warganet di Twitter hingga kemudian cuitannya viral.

Tak disebutkan secara langsung siapa korbannya, tetapi melalui akun @Budidanluhur, pria tersebut menceritakan kejadian yang diduga menimpa dirinya.

Warganet yang mencantumkan Luhur Budiman sebagai namanya di Twitter itu menyebutkan, insiden terjadi pada Minggu (3/11/2019) dini hari, sekitar pukul 02.30 WIB.

Sementara, lokasi kejadian di Jalan Blimbingsari, yang menurut keterangannya tak jauh dari kampus Pascasarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada (Fisipol UGM).

"Kejadian ini jam 02:30 Minggu dini hari daerah Pascasarjana Fisipol UGM (Blimbingsari). Stay safe," cuit @Budidanluhur, Minggu.

Dirinya lantas mengimbau warga yang tinggal di Jogja untuk menghindari keluar larut malam, apalagi dini hari, seorang diri.

"Untuk yang di Jogja selalu hati-hati, kalau keluar malam di atas jam 00:00-04:00 usahakan ada temannya, jangan sendiri, setidaknya bisa saling tolong," ungkap @BudidanLuhur.

Dalam cuitannya, Luhur Budiman menyertakan foto pakaian putih dengan noda bercak darah, yang tampaknya menjadi bukti tindakan kekerasan pelaku.

"Buat siapa pun kalian yang berada di Jogja, selalu tetap waspada ketika berkendara dan jangan berkendara sendiri di malam hari ataupun di jalan-jalan yang agak sepi karena manusia-manusia jahanam ini masih ada berkeliaran. Terkutuklah kau klitih! Semoga kau selamat di dunia dan akhirat," bunyi tulisan di foto itu.

Sontak informasi tersebut mendapat perhatian dari banyak warganet dan telah di-retweet lebih dari sembilan ribu kali.

SuaraJogja.id telah berupaya meminta keterangan lebih lanjut, tetapi hingga kini belum ada tanggapan terkait kronologi kejadian.