Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Minggu, 08 Desember 2019 | 15:46 WIB
Pohon tumbang di Gamping, Sleman, DIY, Minggu (8/12/2019) - (Twitter/@TRCBPBDDIY)

SuaraJogja.id - Hujan lebat disertai angin kencang melanda DI Yogyakarta, Minggu (8/12/2019) sekitar pukul 12.45 WIB sampai 14.30 WIB. Kejadian ini diikuti pemadaman listrik di sejumlah wilayah.

Menurut peringatan dini dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sebelumnya, Kabupaten Gunungkidul dan Bantul paling berpotensi diguyur hujan badai, tetapi rupanya Kota Yogyakarta serta sebagian wilayah Kabupaten Sleman dan Kulon Progo mengalami cuaca serupa.

Tak hanya mati listrik, hujan badai juga mengakibatkan pohon tumbang di sejumlah titik. Kejadian ini dikabarkan Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (TRC BPBD) DI Yogyakarta melalui akun Twitter @TRCBPBDDIY, Minggu.

Pohon tumbang di DIY, Minggu (8/12/2019) - (Twitter/@TRCBPBDDIY)

Karena itu, lalu lintas di beberapa ruas jalan ring road terhambat, dan petugas segera turun ke lapangan menanganinya.

Sementara ini, dilaporkan TRC BPBD DIY, di Kota Jogja pohon tumbang, dahan patah, hingga atap terpapar angin terjadi di sepuluh titik.

Pohon yang tumbang di antaranya pohon talok, perindang, hingga beringin dan berdampak tertutupnya akses jalan serta pohon menimpa rumah atau kendaraan warga, juga kabel jaringan listrik maupun telepon.

Sementara itu, bencana serupa di Kabupaten Bantul terjadi di tiga titik, Sleman 13 titik, dan Gunungkidul dua titik.

Sebagian telah terkondisikan, sementara yang lain masih dalam penanganan.

"Diimbau agar masyarakat selalu berhati-hati dan waspada saat dalam perjalanan. Hindari berteduh di bawah pohon atau papan reklame," ungkap @TRCBPBDDIY.